Tingkat Pendidikan Pelatihan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Di Kecamatan Nabire Papua Tengah

Authors

  • Virawaty Abdul Karim Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, Papua Tengah
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Syahria Madjid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3878

Keywords:

Tingkat Pendidikan, Pelatihan, Lingkungan Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Kinerja guru yang tidak optimal dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut ialah tingkat pendidikan guru yang tidak sesuai dengan pekerjaan, pelatihan yang tidak diberikan kepada guru secara berkesinambungan untuk mengembangkan bahkan mengasah kemampuan serta lingkungan kerja yang tidak memberikan rasa aman dan nyaman bagi guru untuk melakukan pekerjaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan, pelatihan dan lingkungan kerja terhadap kinrja guru sehingga penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang secara spesifik menggunakan pendekatan korelasional yang artinya melihat adanya hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Untuk mengetahui hubungan antara variabel, penelitian ini menggunakan cara pengambilan data menggunakan angkat dan dokumentasi yang nantinya data akan diolah dengan menggunakan SPSS versi 26 dengan berbagai teknik anaisis data uji. Teknik analisis data didalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi berganda simultan, dan pengujian hipotesis. Dari hasil teknik analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi (hubungan) antara tingkat pendidikan antara variabel Tingkat Pendidikan (X1), Pelatihan (X2) dan Lingkungan Kerja (X3) dengan variabel Kinerja Guru (Y) korelasi (hubungan) tersebut  dapat dilihat dari hasil uji korelasi berganda simultan yang menunjukkan hasil Sig F Change 0,000 atau < 0,05. Serta nilai R 0,90 yang artinya derajat hubungan antara Tingkat Pendidikan (X1), Pelatihan (X2) dan Lingkungan Kerja (X3) terhadap Kinerja Guru merupakan korelasi sempurna. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa nilai Sig atau Signifikansi diperoleh nilai Sig F 0,00 yang artinya H1 diterima sesuai dengan ketentuan dari uji F yaitu Jika nilai Sig F < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima atau ada hubungan antara variabel bebas (tingkat pendidikan, pelatihan dan lingkungan kerja) terhadap variabel terikat (kinerja guru).

The purpose of this study was to determine the relationship between the level of education, training and work environment on teacher performance. This research uses a quantitative method that specifically uses a correlational approach which means analyzing the relationship between one variable and another. Data obtained using questionnaires and documentation, then analyzed using SPSS version 26. Data analysis techniques in this study are descriptive analysis, normality test, linearity test, simultaneous multiple correlation test, and hypothesis testing. From the results of data analysis techniques, it can be concluded that there is a correlation (relationship) between the level of education between the variables of Education Level (X1), Training (X2) and Work Environment (X3) with the variable Teacher Performance (Y) the correlation (relationship) can be seen from the results of the simultaneous multiple correlation test which shows the results of Sig F Change 0.000 or <0.05. As well as the R value of 0.90 which means that the degree of relationship between the Level of Education (X1), Training (X2) and Work Environment (X3) on Teacher Performance is a perfect correlation. The results of hypothesis testing also show that the Sig or Significance value obtained is Sig F value of 0.00, which means that H1 is accepted in accordance with the provisions of the F test, namely if the Sig F value <0.05 then Ho is rejected and H1 is accepted or there is a relationship between the independent variables (level of education, training and work environment) on the dependent variable (teacher performance).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyono. n.d. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru.”

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Audah, Zacky. 2020. “Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Muhammadiyah Martapura.” Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan 10(2):159. doi: 10.30649/japk.v10i2.81.

Carolus, Ridnaldy Yunior, and A. Gormantara. 2022. “Penerapan Gamification Dalam Bidang Pendidikan Formal Dan Nonformal: Survey Paper.” KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi 2(2):352–65. doi: 10.24002/konstelasi.v2i2.5369.

Fitriyah, Ainul, and Sri Isnowati. 2021. “Pengaruh Pendidikan Pelatihan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.” (2011):254–59.

Gea, Nurhafni. 2022. “Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Guru Pada Gugus I Seulanga Raya Subulussalam.” Jesya 5(2):1303–16. doi: 10.36778/jesya.v5i2.743.

Hardianti. 2016. “Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Peningkatan Komptensi Guru Di Smanegeri 8 Pinrang.” 15(2):1–23.

Jaya, Wayan Satria. 2021. “Kinerja Guru Ditinjau Dari Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3):1286–94. doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1738.

Karopak, Julsari. 2021. “Pengaruh Linearitas Pendidikan Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd Di Kecamatan Bontoala.” Antimicrobial Agents and Chemotherapy 58(12):7250–57. doi: 10.1128/AAC.03728-14.

Karopak, Julsari. 2021. “Pengaruh Pendidikan Pelatihan, Motivasi Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru.” 1–10.

Musfira, Ratna Shella, Nina Karlina, and Elisa Susanti. 2022. “Pendidikan Inklusif Terhadap Kinerja Guru Dalam Menyelenggarakan Pendidikan Inklusif Di SMPN 30 Bandung The Influence of Educators Competency Training of Inclusive Education towards Teachers Performance in Holding Inclusive Education at SMPN 30 Bandung.” Jurnal 13(2):185–94.

Puspita, A., Rezki, R., Hamid, S., & Hamsiah, A. (2021). Teacher Professionalism And Learning Services To Improve Students’learning Outcomes In Pai Elementary School. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 24(1), 106-113.

Puspita, A., Rezki, R., Hamid, S., & Hamsiah, A. (2021). Teacher Professionalism And Learning Services To Improve Students’learning Outcomes In Pai Elementary School. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 24(1), 106-113.

Rahmawati, Erly. 2021. Pengaruh Pelatihan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kinerja Guru Di SD Se-Kecematan Lemong Pesisir Barat.

Ratnasari, Sri Langgeng. 2020. “Bagaimana Upaya Meningkatkan Kinerja Guru?” 7(1):119–25.

Sahari, Sahari. 2018. “Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Di SMAN I Likupang.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 9(1):62–86. doi: 10.30984/jii.v9i1.599.

Saiful Hunta, Meioon Ibrahim, Mohamad Afan Suyanto. 2022. “Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan, Kepemimpinan, Tanggung Jawab Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru.” Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 9(1):171–83.

Samsudin. 2017. “Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada PT Pln (Persero) Wilayah SulSelBar.”

Sedarmayanti, Sedarmayanti, and Nunur Rahadian. 2018. “Hubungan Budaya Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Lembaga Pendidikan Tinggi.” Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi 15(1):63–77. doi: 10.31113/jia.v15i1.133.

Sedarmayanti, Sedarmayanti, Kurhayadi Kurhayadi, and Gemma Duke Satrio. 2019. “Analisis Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang.” Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi 3(1):70–88. doi: 10.25139/jai.v3i1.1955.

Suharni, Suharni. 2021. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 6(1):172–84. doi: 10.31316/g.couns.v6i1.2198.

Tilawati Sri. 2021. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional, Motivasi Kerja Guru Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Deli Serdang.” 3(March):6.

Widagdo, Suwignyo, Mohammad Archi Maulyda, and Emy Kholifah R. 2020. “Penilaian Kinerja, Budaya Kerja & Kepemimpinan Optimalisasi Peningkatan Kinerja Guru.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 5–24.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Karim, V. A., Hamid, S., & Madjid, S. (2023). Tingkat Pendidikan Pelatihan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Di Kecamatan Nabire Papua Tengah. Bosowa Journal of Education, 4(1), 20–26. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3878