Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di UPT SPF SD Inpres Layang III Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4452Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, Interaksi Sosial, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh pola asuh orang tua dan interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa kelas V di UPT SPF SD Inpres Layang III Kota Makassar. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasi, penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara pola asuh orang tua dan interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa di sekolah tersebut, dengan sampel yang diambil dari siswa kelas V. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua dan interaksi sosial siswa, sementara variabel dependen adalah hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi hasil belajar, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, uji hipotesis, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua yang demokratis dan interaksi sosial yang positif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pola asuh orang tua yang mendukung dan interaksi sosial yang baik dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, yang pada gilirannya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya peran orang tua dan interaksi sosial dalam mendukung keberhasilan akademik siswa. Hasil ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi orang tua dan pendidik dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar.
This research aims to examine the effect of parenting and social interaction on the learning outcomes of grade V students at UPT SPF SD Inpres Layang III Makassar City. Using a quantitative approach with a correlation research design, this study aims to determine the relationship between parenting and social interaction on student learning outcomes. The study population included all students in the school, with samples taken from grade V students. The independent variables in this study are parenting patterns and student social interactions, while the dependent variable is student learning outcomes. Data were collected through questionnaires and documentation of learning outcomes, then analyzed using descriptive analysis, prerequisite tests, hypothesis tests, t tests, f tests, and coefficients of determination. The results showed that democratic parenting and positive social interaction had a significant effect on student learning outcomes. Supportive parenting and good social interactions can create a conducive learning environment, which in turn improves student learning outcomes. This study provides insight into the importance of the role of parents and social interactions in supporting students' academic success. These results are expected to be a reference for parents and educators in an effort to improve the quality of education at the primary school level.
Downloads
References
Afdalia, A. P., & Gani, I. (2023). Dampak Pengaruh Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 10(1).
Astuti, W., & Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3).
Azzahra, A. A., Shamhah, H., Kowara, N. P., & Santoso, M. B. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Mental Remaja. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37832
Karomah, Y. S., & Widiyono, A. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 8(1).
Manafe, L. (2022). Hubungan Tingkat Depresi Lansia Dengan Interaksi Sosial Lansia Di Bpslut Senja Cerah Manado. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1).
Nisa’, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang TUA dan Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Lowokwaru. Skripsi. Malang: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054
Pratiwi, E. A., Zulhaji, Z., & Hajar, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(2). https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30263
Puspitasari, D., Martini, T., & Wahyuni, T. (2023). POla Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying. Jurnal JKFT, 8(1). https://doi.org/10.31000/jkft.v8i1.8453
Putri, S. C. K., & Asri, D. N. (2023). Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Interaksi Sosial Siswa SMPN 2 Balong. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(1).
Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1). https://doi.org/10.36928/jipd.v4i1.313
Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2). https://doi.org/10.31504/komunika.v7i2.1486
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andi Megawati, Sundari Hamid, Rahmaniah Rahmaniah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.