Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di UPT SPF SD Inpres Toddopuli I

Authors

  • Zusanti Zusanti Dinas Pendidikan Kota Makassar
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Burhan Burhan Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.4458

Keywords:

Upaya Guru, Motivasi Siswa, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi guru di UPT SPF SD Inpres Toddopuli I, upaya guru terhadap hasil belajar siswa di UPT SPF Inpres Toddopuli I, motivasi siswa terhadap hasil belajar di UPT SPF Inpres Toddopuli I. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yakni penelitian yang berupaya memberikan gambaran tentang keadaan yang terjadi di lokasi U UPT SPF SD Inpres Toddopuli I beradarkan pada kondisi ilmiah objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan UPT SPF SD Inpres Toddopuli I melibatkan empat dimensi utama: kompetensi pedagogic, kompetensi professional, kompetensi social dan kompetensi pribadi guru. Adapun upaya yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan strategi ekspositori, strategi inkuiri dan strategi afektif. Guru di UPT SPF SD Inpres Toddopuli I memahami kompleksitas motivasi sebagai dorongan internal dan eksternal, dan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pertumbuhan motivasi siswa. motivasi menjadi pilar penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan berdaya dorong. Pemberian motivasi dianggap sebagai upaya berkelanjutan untuk membentuk karakter dan ketekunan siswa, sehingga mereka dapat mencapai hasil belajar terbaiknya dalam perjalanan pendidikan mereka. Dengan demikian dapat disimpulkan upaya guru terhadap motivasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

This study aims to determine the competence of teachers at UPT SPF SD Inpres Toddopuli I, teacher efforts on student learning outcomes at UPT SPF Inpres Toddopuli I, student motivation towards learning outcomes at UPT SPF Inpres Toddopuli I. The type of research used in this study is descriptive qualitative research, which is research that seeks to provide an overview of the conditions that occur at the location of U UPT SPF SD Inpres Toddopuli I based on the scientific condition of the object research. The results showed that UPT SPF SD Inpres Toddopuli I involved four main dimensions: pedagogic competence, professional competence, social competence and personal competence of teachers. The efforts used by teachers in improving student learning outcomes by using expository strategies, inquiry strategies and affective strategies. Teachers at UPT SPF SD Inpres Toddopuli I understand the complexity of motivation as an internal and external drive, and are committed to creating a learning environment that supports the growth of student motivation. Motivation is an important pillar in creating a dynamic and encouraging learning environment. Providing motivation is considered as an ongoing effort to shape the character and perseverance of students, so that they can achieve their best learning outcomes in their educational journey. Thus, it can be concluded that teachers' efforts on motivation can improve student learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baro’ah, S. (2020). KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Hapsari, E. E. (Emiliana), Sumantri, M. S. (Muhammad), & Astra, I. M. (I). (2019). Strategi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 850–860. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I1.171

Indah Saputri, D., Siswanto, J., Guru Sekolah Dasar, P., & Ilmu Pendidikan, F. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 369–376. https://doi.org/10.23887/JP2.V2I3.19285

Jamin, H., & Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru, U. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 19–36.

Kelana, J. B., Muftianti, A., Samsudin, A., Siliwangi, I., & Id, J.-B. C. (2020). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD. P2M STKIP Siliwangi, 7(1), 48–54. https://doi.org/10.22460/P2M.V7I1P48-54.1531

Magister, J., Pendidikan, A., Fitriani, C., Ar, M., & Usman, N. (2017). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MTs MUHAMMADIYAH BANDA ACEH. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2), 88–95.

Masduki, Y. (2016). Pendidikan Kecerdasan Berbasis Keimanan. Jurnal Tarbiyatuna, 7(1), 53–81.

Pasaribu, A. (2017). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DI MADRASAH. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/10.30596/EDUTECH.V3I1.984

Permatasari, S., Nichla, S., Attalina, C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 4 Kaliaman. Journal on Teacher Education, 3(3), 354–364. https://doi.org/10.31004/JOTE.V3I3.4824

Septiana, S., Kompetensi Sumber Daya Manusia Untuk Masa Yang Mendatang Sela Septiana, M., Nur Wicaksono, R., Widiya Saputri, A., Azmi Fawwazillah, N., Isa Anshori, M., Raya Telang, J., Telang Indah, P., Kamal, K., Bangkalan, K., & Timur, J. (2023). Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Untuk Masa Yang Mendatang. Student Research Journal, 1(5), 446–466. https://doi.org/10.55606/SRJYAPPI.V1I5.705

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Yanti, A. F. (2022). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI 13 BENGKULU SELATAN.

Zakarya, Z., Hafidz, H., Martaputu, M., & Nashihin, H. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 909–918. https://doi.org/10.51278/AJ.V5I2.811

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Zusanti, Z., Muhammadiah, M., & Burhan, B. (2025). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di UPT SPF SD Inpres Toddopuli I. Bosowa Journal of Education, 5(2), 337–345. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.4458

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>