Implementasi Komunitas Belajar Dalam Peningkatan Kompetensi Guru UPTD Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Mamuju Tengah
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5278Keywords:
Komunitas Belajar, Kompetensi Guru, Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan kegiatan komunitas belajar di satuan pendidikan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang akhirnya berimbas pada keberhasilan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan komunitas belajar di satuan pendidikan efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Peningkatan kompetensi guru tersebut berimbas pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai ujian siswa dan peningkatan minat belajar siswa.
This study aims to determine the effectiveness of implementing learning community activities in education units in improving teacher competence in implementing the Merdeka Curriculum which ultimately impacts on student learning success. The research method used is qualitative with a case study approach. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation. The results show that the implementation of learning community activities in education units is effective in improving teacher competence in implementing the Merdeka Curriculum. This is evidenced by an increase in teachers' knowledge, skills, and attitudes in implementing learning in accordance with the Merdeka Curriculum. The improvement in teacher competence has an impact on improving student learning outcomes. This is evidenced by an increase in student test scores and an increase in student interest in learning.
Downloads
References
Affandi, L. H., Candiasa, I. M., Lede, Y. U., Bayangkari, B., & Prijanto, J. H. 2022. Strategi Peningkatan Kinerja Guru melalui Pengembangan Kelompok Kerja Guru (KKG) Sebagai Komunitas Belajar. Jurnal Education and Development, 10(3), 401-407.
Alim, M. S. 2022. Mendongkrak Kompetensi Guru (Analisis Faktor-faktor Determinan yang Berpengaruh terhadap Kompetensi Guru). Tangerang Selatan: Pascal Books.
Ananda, R. 2018. Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Danim, S. 2016. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Darling & Hammond, L. 2017. Empowered Educators. San Fransisco, CA: Jossey-Bass.
Dimyati, A. 2018. Pengaruh Professional Learning Community terhadap Pengembangan Profesi Guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Lampung. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Djamarah, S. B. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ferayanti, M., Nissa, H., Kurnianingsih, S., Irfan, R., Patria, H., Tim IKM Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Tim IKM Ditjen PAUD dan Pendidikan Dasar & Menengah, Tim IKM Ditjen Pendidikan Vokasi, & Tim GovTech Edu. 2023. Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Giyanto, B., Kurnia, P., Julizar, K., Sari, D. K., & Hartono, D. 2023. Implementasi Kebijakan Komunitas Belajar Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Pembangunan dan Administrasi Publik, 5(2), 37-50.
Khusna, R., & Priyanti, N. 2023. Pengaruh Komunitas Belajar Terhadap Kemampuan Pedagogik Guru Di Ikatan NSIN TK Bekasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 252-260.
Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Komunitas Belajar untuk Mendukung Kurikulum Merdeka. 2022. Online, dalam https://ditsmp.kemdikbud.go.id/ komunitas - belajar - untuk -mendukung-kurikulum-merdeka/, diakses tanggal 28 Februari 2024.
Mammadova, S. 2019. Teacher Quality VS Teaching Quality. Azerbaijan Journal of Educational Studies, 686(1), 25-32.
Mulyadi, D. 2015. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta CV.
Puspita, A., Rezki, R., Hamid, S., & Hamsia, A. (2021). Teacher Professionalism And Learning Services To Improve Students’learning Outcomes In Pai Elementary School.
Sanjaya, W. 2022. Perncanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sekar, R. Y., & Kamarubiani, N. 2020. Komunitas Belajar Sebagai Sarana Belajar dan Pengembangan Diri. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(1), 10-15.
Sudjana, N. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukarni, A. 2023. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Komunitas Belajar di Satuan Formal SD Negeri Angkasa I Kecamatan Kalijati Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 6(2), 239-248.
Susiani, I. R., & Abadiah, N. D. 2021. Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(2), 292-298.
Tim KBBI Edisi Keenam. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia VI Daring. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Online (https://kbbi.kemdikbud.go.id/).
Titihalawa, S., Prihatin, T., & Pramono, S. E. 2023. Peran Kepala Sekolah dan Komunitas Belajar dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 6, No. 1, pp. 716-720).
Triatna, C. 2015. Pengembangan Manajemen Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Uno, H. B. 2016. Profesi Kependidikan Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wardani, I. G. A. K., Said, A., & Yatimah, D. 2021. Profesi Keguruan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Grup.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kalman Kalman, Mas'ud Muhammadiah, Muhammad Hasbi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.