Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Tello Baru I/2 Makassar

Authors

  • Rahmiyati Rahmiyati UPT SPF Sekolah Dasar Inpres Tello Baru, Kota Makassar
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Rahmaniah Rahmaniah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5308

Keywords:

Discovery Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Tello Baru I/2 Makassar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen semu untuk menguji pengaruh model discovery learning terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V, membandingkan kelas eksperimen dengan kelas kontrol melalui pretest dan posttest. Metode analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan penggunaan model discovery learning dan minat serta hasil belajar siswa melalui observasi dan angket, serta analisis inferensial untuk menguji hipotesis dengan uji normalitas, homogenitas, dan analisis data menggunakan program SPSS 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signiifkan model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar pada siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Tello Baru I/2 Makassar antara kelas kontrol dan kelas eksprimen, dengan nilai mean rank kelas eksperimen 45,15 dan kontrol 15,85, serta p-value 0,000. Selanjutnya, terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar pada siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Tello Baru I/2 Makassar antara kelas kontrol dan kelas eksprimen, dengan nilai mean rank kelas eksperimen 45,13 dan kontrol 15,87, serta p-value 0,000. Secara simultan, terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar dan hasil belajar pada siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Tello Baru I/2 Makassar antara kelas kontrol dan kelas eksprimen. Disarankan agar sekolah mulai mengimplementasikan model ini, didukung oleh pelatihan guru dan pengembangan materi pembelajaran yang sesuai. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengeksplorasi penerapan model ini di berbagai tingkat kelas dan mata pelajaran lainnya.

The purpose of this study was to determine the effect of the discovery learning model on the interest and learning outcomes of grade V students of UPT SPF SD Inpres Tello Baru I/2 Makassar between the control class and the experimental class. This study used a quantitative approach with a pseudo-experimental design to test the effect of the discovery learning model on the interest and learning outcomes of grade V students, comparing the experimental class with the control class through pretest and posttest. Descriptive analysis method was used to describe the use of discovery learning model and students ‘interest and learning outcomes through observation and questionnaire, as well as inferential analysis to test the hypothesis with normality test, homogeneity, and data analysis using SPSS 25 programme. The result of the analysis showed that there was a significant effect of Discovery Learning model on students’ interest in learning in class V UPT SPF SD Inpres Tello Baru I/2 Makassar between control class and experimental class, with mean rank value of experimental class 45.15 and control 15.85, and p-value 0.000. Furthermore, there is a significant effect of the Discovery Learning learning model on learning outcomes in class V UPT SPF SD Inpres Tello Baru I/2 Makassar between the control class and the experimental class, with a mean rank value of the experimental class of 45.13 and control 15.87, and a p-value of 0.000. Simultaneously, there is a significant effect of the discovery learning model on learning interest and learning outcomes in class V UPT SPF SD Inpres Tello Baru I/2 Makassar between the control class and the experimental class. It is recommended that schools begin to implement this model, supported by teacher training and the development of appropriate learning materials. Further research is needed to explore the applicability of this model in different grade levels and other subjects.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, S., & Sukma, E. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2).

Annisa, D. S. (2021). UPAYA Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(2).

Cahyaningsih, E., & Karunia Assidik, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19385

Celin, T. (2022). Peningkatan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran IPS. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(3). https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i3.2063

Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2). https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155

Eriansyah, Y., & Baadilla, I. (2023). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3). https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.378

Fatma, A., & Noviarni, N. (2022). Analisis Kecemasan Matematis Siswa SMA/MA Sederajat Selama Pembelajaran Daring. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(1). https://doi.org/10.24014/juring.v5i1.13241

Fazriansyah, M. F. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2).

Hanifah, M., & Purbosari, P. P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry (GI) terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa Sekolah Menengah pada Materi Biologi. BIODIK, 8(2). https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.14791

Jaharudin, J., Fathurrahman, F., & Istiqomah, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Mahasiswa Semester Vi Unimuda Sorong Tahun 2019. Biolearning Journal, 7(1). https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v7i1.509

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. In CV Budi Utama.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme: Implementasi dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Ghaitsa: Islamic Education, 2(1).

Nicomse, N., & Simanjuntak, S. S. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Pada Pola Bilangan di Kelas VIII SMP Negeri 10 Medan. Sepren. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i0.844

Nurcholif, D. M., Suartama, I. K., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2021). Belajar Sejarah Dengan E-Learning Berbasis Discovery Learning. Mimbar Ilmu, 26(2). https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.36387

Nurussholihah, A., & Kusmajid Abdullah. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Disiplin Dan Bertanggung Jawab Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2751

Prilliza, M. D., Lestari, N., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 15(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1544

Ridwan, S. L. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3). https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.201

Rijal, N. K., Prinanda, D., Prasodjo, H., & Haffsari, P. P. (2021). Diplomatic Course Bagi Siswa di SMA Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(01). https://doi.org/10.33884/jpb.v3i01.2725

Rustama, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Penyelidikan (Discovery Learning) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir …. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP.

Sunarsi, S., Yunus, M., & Hamid, S. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik UPT SPF SD Negeri Mangkura I Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1). https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3826

Tanjung, Y. P. (2022). Hubungan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Di Mis Nurul Hikmah Ujung Padang. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13108

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Rahmiyati, R., Hamsiah, A., & Rahmaniah, R. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Tello Baru I/2 Makassar. Bosowa Journal of Education, 5(2), 229–234. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5308

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>