Penerapan Profil Pelajar Pancasila Pada Konsep Merdeka Belajar Di UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar

Authors

  • Nola Putri Nirwansha UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Muhammad Bakri Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5313

Keywords:

Implementasi, Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka, Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan tahapan implementasi profil pelajar pancasila pada konsep merdeka belajar di UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus yang dilakukan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: teknik observasi, teknik wawancara, serta studi dokumen. Adapun analisis data pada pendekatan kualitatif dilakukan dengan interaktif dengan menggunakan model Miles and Huberman dalam menganalisis datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi profil pelajar pancasila pada konsep merdeka belajar yaitu berdasarkan uraian hasil menyimpulan bahwa Implementasi profil pelajar pancasila telah dilaksanakan dan diimplementasikan dengan baik sesuai dengan konsep merdeka belajar melalui media pembelajaran dan budaya serta kegiatan sekolah. Tahap-tahap Implementasi profil pelajar pancasila pada konsep merdeka belajar yaitu bahwa tahap-tahap implementasi dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen serta berdasarkan dimensi, elemen dan subelemen pada implementasi profil pelajar pancasila pada konsep merdeka belajar kurikulum merdeka dapat disimpulkan bahwa di UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar sebagai sekolah penggerak telah melaksanakan implementasi profil pelajar pancasila.

This study aims to describe the implementation and stages of implementing the Pancasila student profile on the concept of independent learning at UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Makassar City. The type of research that researchers use in this research is a case study conducted in the Even Semester of the 2023/2024 Academic Year. Data collection techniques in this study are: observation techniques, interview techniques, and document studies. The data analysis in the qualitative approach is carried out interactively using the Miles and Huberman model in analyzing the data. The results showed that the implementation of the Pancasila student profile on the concept of independent learning, namely based on the description of the results, concluded that the implementation of the Pancasila student profile has been carried out and implemented properly in accordance with the concept of independent learning through learning media and school culture and activities. The stages of implementing the Pancasila student profile on the concept of independent learning, namely that the stages of implementation are carried out using interview, observation, and document study techniques and based on the dimensions, elements and subelements on the implementation of the Pancasila student profile on the concept of independent learning, the independent curriculum can be concluded that at UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Makassar City as a driving school has implemented the implementation of the Pancasila student profile.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, L. K., Kartika, N. P., & Yuli Irfanto, W. (2022). Problematika Peran Guru Dalam Membentuk Profil Belajar Pancasila Pada Era Digital Kelas Iv Mi Miftahul Ulum Sidowungu Gresik. EL-MIAZ: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 58. https://jurnal.mialazhar.sch.id/index.php/el-miaz/article/view/19

Ainia, D.K., dkk. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, ISSN: E-ISSN 2620-7982. P-ISSN: 2620-7990, Vol 3 No 3

Albert, Doni Koesoema. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Amri, Sofan, Ahmad Jauhari, Tatik Elisa. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 2022, hal. 662-670. Available online at: https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety

A. Suparno Suhaenah. (2015). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Badawi. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Akhlaq Mulia di Sekolah. Ilmu Pendidikan, Prosiding SEMNASFIP, Oktober (2019), 207. https://journals.ums.ac.id/index.php/jis/article/view/6710/4101

Baidowi, Ach. (2020). Penanaman Karakter Pada Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler Di Sekolah Dasar Terpadu Islam. EDUCARE: Journal of Primary Education Vol 1, No 3, Desember 2020, pp. 303-322.

Chairiyah. (2017). “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di SD Taman Siswa Jetis Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4(1):208–15.

Dasar, D. I. S. (2022). IPA merupakan mata pelajaran yang di dalamnya mempelajari ( Murphy and Beggs , 2003 ).

Eriani, E. D., Susanti, M.Si., D. R., & Dr. Meilinda, M.Pd. (2023). Hubungan Penerapan Bhinneka Tunggal Ika dan Nilai - Nilai Pancasila dengan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 25–37. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.131

Faqihuddin, A. (2021). Building Character in Islamic Education Perspective Membangun Karakter dalam Perspektif Islam. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 12(2), 372–382. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i2.1504

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Harahap A. C. P. (2019). Character Building Pendidikan Karakter. J. Pendidik. dan Konseling, vol. 9, no. 1, pp. 1–11.

Haryati, Sri. (2017) “Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013). (FKIP-UTM), vol. 19, no. 2, pp. 259–268, 2017.

Helaluddin. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif.

Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech. ISSN: Print 2541-3600-online-2621-7759 Volume 08 Number 01-2020. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-techr

Hermanu, D. (2020). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Sejak Dini protret pendidikan usia dini kita (perspektif seni). Universitas Negeri Surabaya.

Ismail, Shalahudin, Suhana Suhana, and Qiqi Yuliati Zakiah. (2021). Analisis Kebijakan Pengautan Pendidikan Karakater Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial 2 (1): 76 – 84.

Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. P. (2021). “Integrasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus.” Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya Dan Pendidikan, 19(1), 59–68.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. 257–265.

Kahfi, Ashabul. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan implikasinya terhadap Karakter siswa di sekolah. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan dasar, E-ISSN: 2686-598X. P-ISSN: 2598-7488.

Karmelita, L. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Projek Penguatan Pelajar Pancasila SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 186–196. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.674

Kemdikbud.go.id. (2021). Membangun Potensi Dan Karakter Peserta Didik Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Kemendikbud.go.id. (2021). Merdeka Belajar Episode 1-11.

Kemendikbud.go.id. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan ProfilPelajar Pancasila. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Kemendikbud.go.id. (2021). Sekolah Penggerak.

Kemendikbud.go.id. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan

Kemendikbud.go.id. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.. Jakarta: Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Kemendikbud.go.id. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila . Jakarta: Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Kemendikbud.go.id. (2022). Serba Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Jakarta: Tim Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar), BSKAP.

Khoirurrija Kewarganegaraan, J., Syaefulloh, A. M., Windiani, D., Putriani, P., Rohaeni, S., Gustian, R., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Indonesia, U. P., & Barat, J. (2022). Implementasi habituasi profil pelajar pancasila dan eksistensinya bagi mahasiswa. 6(1), 2141–2149. l, dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Kriyantono, R. (2020). Teknik praktisriset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group. Kuntarto & Sugandi (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Aspek Learning Design dengan Platform Media Sosial Online sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa. 1–26.

Kurniawan, Syamsul. (2017). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawaty, I., & Faiz, A. (2022). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. 4(4), 5170– 5175.

Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maunah, Binti. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. V, No. 1 (2015), 90-101, https://doi.org/10.21831/jpk.v0il.8615

Mukminin, E., Dwijayanti, I., Nyoman, N. A., & Espiyati, E. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Karakter Iman dan Taqwa Melalui Pembiasaan di SD Negeri Gayamsari 02. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4647– 4653. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2327

Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Munawar, M. 2022. Penguatan Komite Pembelajaran dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, e-ISSN: 2830-005X Volume 1 Nomor 1 Mei 2022. DOI: https://dol.org/10.35878/tintaemas/vl.iI.390

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 1, March 2020.

Musyadad, Vina Febiani, dkk. (2022). Pendidikan Karakter. Medan :Yayasan Kita Menulis.

Najibuddiin, A., Sutrisno, S., & Sunarto, S. (2022). Strategi Implementasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Literasi Sekolah di Ma Al Islamiyah Uteran Geger Madiun. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 53–66. https://doi.org/10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp53-66

Natalya T. Mokorowu, dkk. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia Volume 6, No. 4, Desember 2023, 1544-1558.

Ramadhan, F., Puspitasari, D., & Yanto, T. (2023). Perencanaan Stratejik Pendidikan Melalui Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri 38 Bandung. Al Afkar: Journal for Islamic Studies, 6(2), 353–365. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.559.Educational

Riani (2011). Perilaku Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono, O. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Pelaksanaan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19.Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/alrosikhuun/index

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. J Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1), 29-39.

Sukadari, (2020). Peranan Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Exponental.

Suriyati, C. ., & Lubis, M. D. A. . (2023). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7710-7716. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2996.https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2996. Tahun 2020.

Vhalery, R., dkk. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Jurnal Of Education, Vol. 8. No. 4, 185-201. Available online at: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE

Wati, R., & Alhudawi, U. (2023). Profil Pelajar Pancasila Dalam Pengembangan Kreativitas Pembelajaran Ppkn. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 12(1), 14–23. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jg/article/view/796

Widodo, (2018). Manajemen Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyastuti, Ana. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya, Merdeka GuruSiswa, Merdeka Dose-Mahasiswa, Semua Bahagia. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Widyastuti, Ana. (2022). Merdeka Belajar Pendidikan Anak Usia dini dan Implementasinya. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Wijaya, Hengki. Helaluddin. (2018). Hakikat Pendidikan Karakter. “Samani Dan Over Rim, pp. 191–199, 2017.

Yanto, Robi. 2016. Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Yulia, Citra. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, Vol. 1 No. 1 (Januari 2012), 237–49, https://doi.org/10.24036/jupe7950.64

Yuristia, Adelina (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. IJTIMAIYAH: Jurnal Ilmu Sosial da Budaya, 2 (1).

Zaman, Badrus. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa ndonesia. AL GHAZALI , J. Kaji. Pendidik. Islam dan Stud. Islam, vol. 2, no.1, pp. 16 – 31, 2019, [Online].

Zubaedi, D. P. K. (2011). Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Nirwansha, N. P. ., Hamsiah, A., & Bakri, M. . (2025). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Pada Konsep Merdeka Belajar Di UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 5(2), 204–211. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5313

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>