Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di UPTD SD Inpres Ngapaboa Kabupaten Mamuju Tengah

Authors

  • Riski Riski UPT SPF SD Inpres Ngapaboa Dinas Pendidikan
  • Agustinus Jarak Patandean Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Burhan Burhan Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5321

Keywords:

Strategi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa di UPTD SD Inpres Ngapaboa Kab. Mamuju Tengah. Strategi Pembelajaran berdiferensiasi telah diakui sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi Belajar siswa. UPTD SD Inpres Ngapaboa menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk memotivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II UPTD SD Inpres Ngapaboa Kabupaten Mamuju Tengah, kelas II-B sebanyak 27  siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas II-A sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data dikumpulkan melalui posttest sesudah penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi  secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa menunjukkan minat yang lebih tinggi dalam pelajaran dan keterlibatan yang lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Strategi pembelajaran berdiferensiasiasi efektif dalam meningkatkan motivasi siswa di UPTD SD Inpres Ngapaboa Kabupaten Mamuju Tengah. Penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi memberikan pengalaman belajar yang menarik dan relevan, mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.

This study aims to evaluate the effect of differentiated learning strategies on student learning motivation at UPTD SD Inpres Ngapaboa Kab. Mamuju Tengah. Differentiated Learning Strategies have been recognized as one of the effective learning strategies to increase student learning motivation. UPTD SD Inpres Ngapaboa applies differentiated learning strategies to motivate student learning. This research uses a quantitative approach with the type of research Quasi Experimental Design. The sample in this study were grade II students of UPTD SD Inpres Ngapaboa, Central Mamuju Regency, class II-B as many as 27 students as the experimental class, and class II-A as many as 26 students as the control class. The instruments used include observation sheets and questionnaires to measure student learning motivation. Data were collected through posttest after the application of differentiated learning strategy. While the data analysis techniques used are descriptive statistics and inferential statistical analysis. The results showed that the effect of differentiated learning strategies significantly increased students' learning motivation. Students showed higher interest in the lesson and more active involvement in learning activities. Differentiated learning strategies are effective in increasing student motivation at UPTD SD Inpres Ngapaboa, Mamuju Tengah Regency. The implementation of differentiated learning strategies provides interesting and relevant learning experiences, encouraging learners to be actively involved in learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani. 2023. Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Islamic Elementary Education

Bayumi, Chaniago, E., Fauzie, Elias, G., Hapizoh, Ahmad, Z. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Marlina. 2020. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.

Nawati, A., Kurniastuti, D., Kumalasari, I. D., Wulandari, D., & Nisa, A. F. 2023. Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 215-234).

Nurrawi, Alma Ega Putri, et al. 2023. Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika (Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1)

Purnawanto Teguh Ahmad. 2023. Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal ilmiah Pedagogy

Rofizah, A., Rahayuningsih, S., & Imanah, U. N. 2022. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Gaya Belajar Untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII Di MTS Negeri 4 Mojokerto. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIM (Vol. 1, pp. 164-174).

Saragih, H., Hutagalung, S., Mawati, A. T., Chamidah, D., Khalik, M. F., Sahri, Wula, P., Purba, B., Purba, S. R. F., Kato, I. 2021. Filsafat Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sari, N. L., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Damdas Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Course Review Horay Di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 82-87.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyuni, T., Uswatun, N., & Fauziati, E. (2023). Merdeka Belajar dalam Perspektif Teori Belajar Kognitivisme Jean Piaget. Tsaqofah, 3(1), 129–139.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Riski, R., Patandean, A. J. ., & Burhan, B. (2025). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di UPTD SD Inpres Ngapaboa Kabupaten Mamuju Tengah. Bosowa Journal of Education, 5(2), 246–249. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5321

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>