PENGARUH SISTEM PELAYANAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN UNIT TRANSFUSI DARAH PALANG MERAH INDONESIA KABUPATEN POLEWALI MANDAR PROVINSI SULAWESI BARAT

Authors

  • Andi Ahmad Natas Sjuaib Palang Merah Indonesia Sulawesi Barat
  • Syamsul Bahri Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Juharni Juharni Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jpan.v4i1.1172

Keywords:

Sistem Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Kinerja Pegawai

Abstract

Kegiatan donor darah secara khusus menjadi tanggung jawab Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Polewaali Mandar. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis yaitu 1. kinerja pegawai dan sistem pelayanan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan unit transfusi darah palang merah Indonesia Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. 2. kinerja pegawai berpengaruh terhadap kualitas pelayanan unit transfusi darah palang merah Indonesia Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. 3. Sistem pelayanan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan unit transfusi darah palang merah Indonesia Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian survey. Survey adalah penelitian yang sumber data dan informasi utamanya diperoleh dari responden sebagai sampel penelitian dengan menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja pegawai dan sistem pelayanan memiliki arah yang positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan. Kinerja pegawai dan sistem pelayanan secara parsial mampu memberikan pengaruh terhadap kualitas pelayanan dan diketahui bahwa sistem pelayanan merupakan faktor yang memiliki pengaruh lebih besar dari pada kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan Unit Transfusi Darah Kabupaten Polewali Mandar.

Blood donation activities are specifically the responsibility of the Indonesian Red Cross Blood Transfusion Unit, Polewaali Mandar Regency. The purpose of this study was to determine and analyze, namely: 1. employee performance and service systems affect the service quality of the Indonesian Red Cross blood transfusion unit, Polewali Mandar Regency, West Sulawesi Province. 2. Employee performance affects the service quality of the Indonesian Red Cross blood transfusion unit, Polewali Mandar Regency, West Sulawesi Province. 3. The service system affects the service quality of the Indonesian Red Cross blood transfusion unit, Polewali Mandar Regency, West Sulawesi Province. by using quantitative research methods with the type of survey research. Survey is research in which the main source of data and information is obtained from respondents as research samples by using questionnaires or questionnaires as data collection instruments. The results showed that the performance of employees and the service system had a positive direction and had a significant effect on service quality. Employee performance and service systems are partially able to influence the quality of service and it is known that the service system is a factor that has a greater influence than employee performance on the service quality of the Blood Transfusion Unit of Polewali Mandar Regency.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, H. (2015). Kualitas Pelayanan Palang Merah Indonesia (Pmi) Provinsi Lampung (Studi Pada Unit Donor Darah Cabang Pembina Provinsi Lampung). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Aminah, S. (2017). HIV Reaktif pada Calon Donor Darah di Unit Donor Darah (UDD) Pembina Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung dan Unit Transfusi Darah PMI RSUD Pringsewu tahun 2010–2014. Jurnal Analis Kesehatan, 4(2), 427–435.

Anggreni, P., & Yanti, K. A. P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Media Sosial Terhadap Minat Relawan Donor Darah Di Unit Donor Darah Pmi Kabupaten Gianyar. Forum Manajemen STIMI Handayani Denpasar, 17(2), 97–110.

Asnawi, M. F. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Dan Partisipasi Pengguna Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem: Studi Kasus Pada Bagian Operasional Vsat Ip Pt. Semesta Citra Media. Jurnal Lentera ICT, 2(1), 37–50.

Astuti, W. D., & Laksono, A. D. (2013). Keamanan Darah Di Indonesia Potret Keamanan Transfusi Darah di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan. Surabaya:© Health Advocacy Yayasan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat.

Fauzi, A., & Harli, E. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode RAD. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 76–81.

Gustaman, A. (2013). Kualitas Pelayanan Pendonoran Darah pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.

Gustaman, A., Boedijono, M. S., & Suji, S. (n.d.). Kualitas Pelayanan Pendonoran Darah pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember (Service Quality of blood Transfusion at Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia in Jember Regency).

Hidayat, S., Fachri, H., & Samsuddin, S. (2018). Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Donor Darah Di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Pontianak. Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak, 5(2).

Kurniawan, I. A. (2019). Perancangan Aplikasi Pada Unit Donor Darah (Udd) Pmi Kota Jambi Berbasis Android. Stikom dinamika bangsa jambi.

Kuswandari, R., Widayat, W., & Widiastuti, N. (2017). UPAYA Meningkatkan Motivasi Kerja Pada Karyawan Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Yogyakarta. STIE Widya Wiwaha.

Moenir, H. A. S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. https://doi.org/2010

Nasution, M. N. (2004). Total Service Management’’Manajemen Jasa Terpadu’’. Edisi Pertama, Penerbit Gahalia Indonesia, Bogor Selatan.

Rochaety, E., Tresnati, R., & Latief, A. M. (2007). Metodologi penelitian bisnis dengan aplikasi SPSS. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rupaka, I. (2008). Strategi Menarik Simpati Berdonor Darah Melalui Desain Komunikasi Visual (Studi Kasus Di Pmi Solo).

Septianita, W., Winarno, W. A., & Arif, A. (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System (RTS) Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Empiris Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 9 Jember). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 53–56.

Sudaryanto, S. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Utd Pmi Kota Pekanbaru. Jurnal Ners, 4(1), 59–67.

Sugiono. (2007). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Susanto, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pendonor Pada Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jambi. JURNAL Akademika, 9(2), 1–7.

Tjiptono, F. (2012). Service Management: Mewujudkan layanan prima edisi II. Yogyakarta: Andi.

Veramawati, H., & Nur’aini, S. (2016). Perbedaan Persepsi Kualitas Pelayanan Ditinjau Dari Pendonor Darah Sukarela Dan Pendonor Darah Pengganti Di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember. Insight: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 10(2).

Wahyudi, R., & Astuti, E. S. (2013). Pengaruh Kualitas Sistem, Informasi dan Pelayanan SIAKAD Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 28–39.

Widyadinata, Y., & Toly, A. A. (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Ketepatan Waktu, dan Kerahasiaan terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pengguna E-Filing. Tax & Accounting Review, 4(1), 336.

Wright, J., & Chung, M. C. (2001). Mastery or mystery? Therapeutic writing: A review of the literature. In British Journal of Guidance and Counselling. https://doi.org/10.1080/03069880120073003

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Sjuaib, A. A. N. ., Bahri, S., & Juharni, J. (2021). PENGARUH SISTEM PELAYANAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN UNIT TRANSFUSI DARAH PALANG MERAH INDONESIA KABUPATEN POLEWALI MANDAR PROVINSI SULAWESI BARAT. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 4(1), 50–56. https://doi.org/10.35965/jpan.v4i1.1172

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>