IMPLEMENTASI DANA DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA BOLLI KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE

Authors

  • Ali Yusran Harwad Center Profesional
  • Andi Rasyid Pananrangi Program Studi Ilmu Administrasi Negara Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Syamsul Bahri Program Studi Ilmu Administrasi Negara Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jpan.v2i2.425

Keywords:

Dana Desa, Pembangunan Desa, Pemberdayaan Masyarakat, Ponre, Bone

Abstract

Dana desa merupakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang di peruntuhkan untuk desa dan bantuan keuangan dari APBN diharapkan akan menjadi sumber pendapatan desa untuk menunjang pembangunan yang ada di desa. Dana desa digunakan sepenuhnya untuk memfasilitasi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan meningkatakan kualitas hidup serta penanggulangan kemiskinan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi dana desa di Desa Bolli Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analitis. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dalam pengambilan sampel dengan menentukan beberapa informan dengan kriteria yang telah di tentukan terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dana desa dalam pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat di Desa Bolli fokus pada prioritas pembangunan infrastruktur jalan sehingga sarana dan prasarana lain yang dibutuhkan oleh masyarakat tidak terpenuhi.

Village funds are funds sourced from the State Budget which is set aside for villages and financial assistance from the State Budget is expected to be a source of village income to support the development in the village. Village funds are used fully to facilitate the development and empowerment of rural communities aimed at improving the welfare of rural communities and improving the quality of life as well as poverty alleviation. The purpose of this study was to describe the implementation of village funds in Bolli Village, Ponre District, Bone Regency. The type of the research used in this study was qualitative research using descriptive analytical research methods. This study used purposive sampling by determining several informants with predetermined criteria. The results show that the implementation of village funds for community development and empowerment in Bolli Village focuses on the priority of road infrastructure development so that other facilities and infrastructure needed by the community are not fulfilled.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Zainal Said. 2004. Kebijakan publik. Jakarta: Yayasan Pancur Siwah.

Moeljarto, T. 1998. Politik Pembangunan, Sebuah Analisis, Konsep, Arah Dan Strategi. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Mulyadi, Deddy. 2018. Studi Kebijakan Publik Dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta

Nugroho, Riant. 2006. Kebijakan Publik Untuk Negara-Negara Berkembang. Jakarta: Elex Media Komputindo

Pemerintah Indonesia.2014. Prioritas Penggunaan Dana Desa . Lembaran RI Tahun 2014, No.5. Sekretariat Negara

Pemerintah Indonesia. 2017. Buku Pintar Dana Desa. Lembaran RI Tahun 2017,Sekretariat Negara. Jakarta

Pemerintah Indonesia. 2014. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Lembaran RI Tahun 2014, No. 43. Sekretariat Negara. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Sekretariat Negara: Jakarta

Pemerintah Indonesia. 2015. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa Yang Bersumber APBN. Sekretariat Negara: Jakarta.

Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Prabowo, M. T., Pananrangi, A. R., & Juharni, J. 2019. Kinerja Pelayanan Publik Aparatur Sipil Negara Pada Kantor Kelurahan Rimuku Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 1(2), 43–53.

Prijono, Onny S Dan Pranarka, A.M.W. 1996. Pemberdayaan Konsep, Kebijakan Dan Implementasi. Jakarta: CSIS.

Rypley, Randall B. And Grace A. Fraklin. 1982. Bureaucracy And Public Implementation. Hommewood: The Dorsey Press.

Sudirwo, D. 1985. Pokok-Pokok Pemerintahan Di Daerah Dan Pemerintahan Desa. Bandung: Aksara

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sumodiningrat, Gunawan. 1999. Pemberdayaan Masyarakat Dan Dan Jaringan Pengaman Sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wibawa, Samodra. 1994. Evaluasi Kebijakan Publik . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik Teori dan Proses. Yogyakarta: Media Pressindo.

Downloads

Published

2021-01-09

How to Cite

Yusran, A., Pananrangi, A. R., & Bahri, S. (2021). IMPLEMENTASI DANA DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA BOLLI KECAMATAN PONRE KABUPATEN BONE. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 2(2), 54–61. https://doi.org/10.35965/jpan.v2i2.425

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>