OPTIMALISASI PELAYANAN ADMINISTRASI PADA BAGIAN KEUANGAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MAJENE

Authors

  • Mustakin Mustakin Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Majene
  • Andi Rasyid Pananrangi Program Studi Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Nurkaidah Nurkaidah Program Studi Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Bosowa

Keywords:

Pelayanan, Kompetensi, Efesiensi, Efektivitas, Majene

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sistem pelayanan administrasi, kompetensi pelayanan administrasi, kelengkapan sarana dan prasarana pelayanan administrasi pada bagian keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Majene.  Metode yang digunakan adalah metode survai dengan analisis kualitatif deskriptif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pelayanan administrasi bagian keuangan belum sepenuhnya diterapkan di Sekertariat Daerah Kabupaten Majene. Untuk prinsip efektif dan efisien telah diterapkan dalam pengelolaan keuangan, sedangkan prinsip keadilan menjadi bagian penting dalam pengelolaan keuangan. Kompetensi pelayanan banyak ditentukan dari tingkat pendidikan dan pelatihan yang diikuti oleh pegawai. Tingkat kedisiplinan pegawai masih belum baik, beberapa pegawai terlambat masuk dan cepat pulang. Sarana dan prasarana telah mendapat perhatian besar dari pemerintah dalam memperlancar pelayanan publik. Namun demikian, ada satu hal yang tidak nyaman bagi masyarakat ketika masuk kedalam  Kantor Sekertariat Daerah Kabupaten Majene yakni ruang tunggu pelayanan pada saat ini panas sehingga banyak masyarakat yang kurang nyaman dengan ruang tunggu yang panas.

The purpose of this study was to determine and analyze the administrative service system, administrative service competencies, completeness of administrative facilities and infrastructure services in the financial section of the Majene Regency Regional Secretariat. The method used is a survey method with descriptive qualitative analysis. The results of this study indicate that the financial services administration system has not yet been fully implemented in the Majene Regency Regional Secretariat. For the principle of effective and efficient has been applied in financial management, while the principle of justice becomes an important part in financial management. Service competence is largely determined by the level of education and training that is followed by employees. The level of employee discipline is still not good, some employees come late and go home quickly. Facilities and infrastructure have received great attention from the government in expediting public services. However, there is one thing that is uncomfortable for the community when they enter the Majene Regency Regional Secretariat Office, which is the waiting room for services at this time is hot so many people are uncomfortable with hot waiting rooms.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-05

How to Cite

Mustakin, M., Pananrangi, A. R., & Nurkaidah, N. (2020). OPTIMALISASI PELAYANAN ADMINISTRASI PADA BAGIAN KEUANGAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MAJENE. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 2(1), 20–23. Retrieved from https://journal.unibos.ac.id/paradigma/article/view/126

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>