ANALISIS PELAKSANAAN PENERBITAN SURAT IZIN MENGEMUDI DI WILAYAH KEPOLISIAN RESOR MAROS

Authors

  • Franssiscus Patrick Siahaya Kepolisian Resor Maros
  • Baso Madiong Program Studi Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Basri Oner Program Studi Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/ijlf.v6i1.3814

Keywords:

Implementasi, Penerbitan, Surat Izin Mengemudi, Maros

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembuatan Surat Izin Mengemudi di Polres Maros dan yang menjadi kendala pembuatan Surat Izin Mengemudi di Polres Maros. Penelitian empiris digunakan sebagai metode penelitian. Kajian menunjukkan bahwa pihak Polres Maros telah menyelesaikan pelaksanaan dan pelayanan pembuatan surat izin mengemudi. sesuai dengan aturan yang berlaku. Keefektifan pada proses pelayanan serta pelaksanaannya telah berdasarkan Sumber Daya Manusianya yang cukup namun memenuhi kualitas pelayanan yang juga ditunjang oleh Sarana dan Prasarana yang memadai serta Kesadaran Masyarakat yang produktif terhadap aturan Hukum Lalu Lintas. Dalam Proses penerbitan SIM di Polres Maros, masih terdapat beberapa kendala yang menghambat terwujudnya kelengkapan surat-surat bagi pengemudi. Biaya yang masih relatif memberatkan untuk kalangan masyarakat di desa, edukasi terhadap persyaratan serta akses jaringan internet yang harus diperhatikan.

This study aims to determine the implementation of the driving license issuance at Maros Resort Police and the obstacles in the driving license issuance at Maros Resort Police. Empirical research is used as a research method. The study shows that the Maros Resort Police has completed the implementation and service of making a driver's license. in accordance with applicable regulations. The effectiveness of the service process and its implementation has been based on sufficient Human Resources but fulfills the quality of service which is also supported by adequate Facilities and Infrastructure and productive Public Awareness of the rules of Traffic Law. In the process of issuing a SIM at the Maros Resort Police, there are still several obstacles that hinder the realization of the completeness of the documents for the driver. Costs are still relatively burdensome for rural communities, education on requirements and internet network access must be considered.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Dwiyanto, 2017. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif dan Kolaborasi, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press).

Annie Sailendra, 2015. Langkah-Langkah Praktis Membuat SOP, (Yogyakarta; Transa Idea Publishing,).

Aprilia Malik, Siswidiyanto, Endah Setyowati, 2012. Perencanaan Program Akta Online dalam Meningkatkan Pelayanan Akta Kelahiran (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Voll. No.5.

Arini T. Soemohadiwidjojo, 2014. Mudah Menyusun SOP Standard Operating Procedure, (Jakarta; Penebar Swadaya Grup).

Arini Tathagati, 2014. Step By Step Membuat SOP (Standard Operating Procedure), (Yogyakarta; Efata Publiching).

Arista Atmadjati, 2018. Layanan Prima dama Praktik Saat ini, (Yogyakarta: Deepublish,).

Arnina P, 2016. Langkah-Langkah Efektif Menyusun Sop Standard Operating Procedure, (Depok; Huta Media).

Ayu Tri Wardhani, 2015. Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Gowa.

Ratminto dan Atik, 2003. Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Ratminto dan Winarsih, 2006. Manajemen Pelayanan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Richard M. Steers, 1999. Efektivitas Organisasi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,)

Rudi M Tambunan, 2013. Standard Operating Procedure SOP edisi 2, (Jakarta; Maiestes Publishing).

Sinambela, L. P., 2011. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, Implementasi, (Jakarta: Bumi Aksara)

Syafie, I. K., 1999. Ilmu Administrasi Publik, (Jakarta: Rineka Cipta).

Tjiptono, F., 2000. Manajemen Pemasaran, (Yogyakarta: Andi Offset).

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009, Tentang Pelayanan Publik. Diakses pada 15 April 2020.

Yusriadi, 2018. Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik, (Yogyakarta: Deepublish).

Zulian Yamit, 2017Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, (Yogyakarta: Ekonisia).

Downloads

Published

2023-12-05

How to Cite

Siahaya, F. P., Madiong, B., & Oner, B. (2023). ANALISIS PELAKSANAAN PENERBITAN SURAT IZIN MENGEMUDI DI WILAYAH KEPOLISIAN RESOR MAROS. Indonesian Journal of Legality of Law, 6(1), 85–90. https://doi.org/10.35965/ijlf.v6i1.3814

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>