IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA SMP NEGERI 1 MAKASSAR

Authors

  • Nurapni Aulia Sulkipli Magister Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Muhlis Ruslan Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Seri Suriani Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.2648

Keywords:

Implementasi Kurikulum, Merdeka Belajar, Prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kurikulum merdeka belajar terhadap prestasi siswa pada SMP Negeri 1 Makassar. Aspek kesiapan tenaga pendidik dalam implementasi kurikulum merdeka belajar berdasarkan kompetensi, inovasi kreativitas dan etos kerja merupakan faktor pendorong prestasi siswa pada SMP Negeri 1 Makassar lebih meningkat. Dari keempat aspek tersebut mendukung strategi dan model pembelajaran yang efektif. Penelitian ini merupakan bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara sejumlah informan yaitu guru SMP Negeri 1 Makassar yang mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya implementasi kurikulum Merdeka belajar yang optimal yang mampu meningkatkan prestasi siswa, dan ditemukan juga adanya hambatan yaitu budaya belajar. Kunci suksesnya pengimplementasian kurikulum merdeka belajar yaitu guru dan siswa meningkatkan mindset ingin melakukan terobosan baru agar hasil yang dicapai dapat maksimal. Semenjak pengimplementasian kurikulum merdeka belajar pada dua tahun terakhir di SMP Negeri 1 Makassar guru melakukan perubahan pola pikir demi tercapainya tujuan pendidikan secara efektif, membuat strategi dan didukung dengan penerapan kompetensi pada guru. Terlihat prestasi siswa ada peningkatan, kurikulum merdeka belajar ikut andil dalam peningkatan prestasi siswa karena pada kurikulum merdeka belajar modul yang dibuat ditentukan sesuai dengan minat dan gaya belajar siswa agar semua siswa bisa berprestasi. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan program kurikulum merdeka yang tidak ada pada kurikulum sebelumnya untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar pancasila. Hal inilah yang saling berkaitan dan menjadi faktor pendukung peningkatan prestasi siswa pada implementasi kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Makassar.

This research aims to examine, analyze and interpret the description of the implementation of the Independent Learning curriculum on student achievement at the Junior High School of 1 Makassar. The readiness aspect of educators in implementing the Independent Learning curriculum based on competence, innovation, creativity, and work ethic are supporting factors to increase student achievement at Junior High School of 1 Makassar. These four aspects can support effective learning strategies and models. This research is descriptive and uses a qualitative approach. The data were obtained from interviews with several informants, including the teachers at Junior High School of 1 Makassar who implemented the independent learning curriculum. The results showed an optimal implementation of the Independent Learning curriculum, which improved student achievement. They found that there were also obstacles, namely the learning culture. The key to the success of implementing the independent learning curriculum is that teachers and students increase the mindset of wanting to make breakthroughs so that the results achieved can be maximized. Since implementing the Independent Learning curriculum in the last two years at Junior High School of 1 Makassar, teachers have changed their mindset to achieve educational goals effectively, create strategies, and be supported by applying teachers' competencies. It can be seen that student achievement has increased; the Independent Learning curriculum has contributed to improving student achievement because, in the Independent Learning curriculum, modules are done according to students' interests and learning styles so that all the students can excel. The Pancasila Student Profile Strengthening Project is an independent curriculum program that did not exist in the previous curriculum to strengthen various competencies in the Pancasila Student Profile. These things are interrelated and become a supporting factor in increasing the student achievement of the Independent Learning curriculum at Junior High School of 1 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anridzo, A. dkk. 2022. Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, (online). Vol. 6, No. 5,

Aprima, D. dan Sari, S. 2022. Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, (online). Vol. 13, No. 1,

Aribowo, A., Lubis, A., dan Sabrina, H. 2020. Pengaruh Loyalitas Dan Integritas Terhadap Kebijakan Pimpinan Di Pt. Quantum Training Centre Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, (online). Vol. 1, No. 1,

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, (online). Vol. 5, No. 1,

Hutabarat, H. dkk. 2022. Analisis Kurikulum Penerapan Merdeka Belajar Di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), (online). Vol. 5, No. 3,

Ibrahim, R. (2012). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Iskandar, S. dan Angga. 2022. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, (online). Vol. 6, No. 3,

Komang, I. dan Made Adi Nugraha. 2022. Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, (online). Vol. 3, No. 1,

Mulyadi. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Bogor: Penerbit IN MEDIA

Mulyasa. 2020. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nurwiatin, N. 2022. Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Dan Kesiapan Kepala Sekolah Terhadap Penyesuaian Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, (online). Vol. 9, No. 2,

Rahayu, R. dkk. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu (Journal of Elementary Education), (online). Vol. 6, No. 4,

Rahim, A. R. dan Jusriadi, E. 2015. Urgensi Manajemen. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar

Rusmiati, R. 2017. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA AL FATTAH Sumbermulyo. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, (online). Vol. 1 No. 1,

Simatupang,E. 2021. Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, (online). Vol. 2, No. 2

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. 2019. Pengaruh Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, (online). Vol. 7, No. 1,

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarni. dan Karyono, H. 2022. Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, (online). Vol. 5, No. 2,

Suryaman. 2020. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Bengkulu

Susilowati, E. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih Journal of Science Education, (online). Vol. 1, No.1,

Wijaya, H dan Helaluddin. 2019. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffary: Jakarta

Wirawan. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Sulkipli, N. A., Ruslan, M., & Suriani, S. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA SMP NEGERI 1 MAKASSAR. Indonesian Journal of Business and Management, 5(2), 341–347. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.2648

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>