PENERAPAN BUDAYA TIPCE (TRUST, INTEGRITY, PROFESIONALISM, COSTUMER SERVICE, EXCELENT) DAN KOMITMEN DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK CABANG SIDRAP

Authors

  • Muhammad Rezky Iryansyah Bank Mandiri Tbk Cabang Sidrap
  • Sukmawati Marjuni Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Seri Suriani Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v3i1.585

Keywords:

Kepercayaan, Integritas, Profesionalisme, Pelayanan Konsumen, Komitmen, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis penerapan budaya tipce (trust, integrity, profesionalism, costumer service, excelent) dan komitmen dalam peningkatan kinerja karyawan pada pt. Bank mandiri (persero) tbk Cabang sidrap. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi bermaksud untuk mengeksplorasi budaya tipce (trust, integrity, profesionalism, costumer service, excelent) dan komitmen dalam peningkatan kinerja karyawan dengan menggunakan teknik Indepth Interview (wawancara mendalam), dan melakukan observasi serta dokumentasi secara terus menerus selama penelitian berlangsung. Analisis data dimulai dengan analisis domain. Sebelum memasuki lapangan, analisis dilakukan terhadap data hasil studi pendahuluan atau data sekunder, yang akan digunakan untuk menentukan fokus penelitian. Analisis pada tahap berikutnya yaitu taksonomi dilakukan setelah kegiatan lapangan yang dimulai dengan mengumpulkan dan memilah-milah data untuk dikelompokkan atau diklasifikasikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan dalam bab sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai-nilai budaya Bank Mandiri yang seperti diuraikan diatas, muncul pertanyaan apakah nilai budaya perusahaan tersebut dapat mempengaruhi kinerja karyawan melalui kepuasan kerja yang ditimbulkannya? Berdasarkan gambaran yang telah diuraikan diatas, akan dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah faktor nilai budaya perusahaan dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan yang selanjutnya dapat mempengaruhi kinerja karyawan.

This study aims to examine, analyze the implementation of the principles of TIPCE (trust, integrity, professionalism, customer service, excellent) and the commitment in improving employee performance at PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, Sidrap. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach which intends to explore the TIPCE culture and the commitment to improve employee performance by using the in-depth interview technique, and making observations and documentation continuously during the research process. Data analysis begins with domain analysis. Before entering the fieldwork, analysis is carried out on data from preliminary studies or secondary data, which will be used to determine the focus of this research. The analysis in the next stage, namely taxonomy is carried out after field activities which begin with collecting and sorting data to be grouped or classified. Based on the results of this research and discussion described in the previous chapter, it can be concluded that the cultural values ??of Bank Mandiri as described above raises a question: can these corporate cultural values affect employee performance through the job satisfaction it generates? Based on the description described above, this research will be carried out to determine whether the value of corporate culture can affect employee job satisfaction which in turn can affect employee performance.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Iryansyah, M. R., Marjuni, S., & Suriani, S. (2020). PENERAPAN BUDAYA TIPCE (TRUST, INTEGRITY, PROFESIONALISM, COSTUMER SERVICE, EXCELENT) DAN KOMITMEN DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK CABANG SIDRAP. Indonesian Journal of Business and Management, 3(1), 34–41. https://doi.org/10.35965/jbm.v3i1.585

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>