PENGARUH MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK,PROFESIONALISME, TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA DI KANTOR KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO PROVINSI SULAWESI SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v4i1.1186Keywords:
Motivasi Pelayanan Publik, Profesionalisme, Kepuasan Kerja, Kinerja PegawaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi pelayanan publik, profesionalisme terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja pada Kantor Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian yang dikemukakan adalah jenis penelitian kuantitatif, karena penelitian ini disajikan dengan angka-angka, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa motivasi pelayanan publik dan profesionalisme berpengaruh secara nyata terhadap kepuasan kerja, dan kinerja pegawai, kepuasan kerja berpengaruh secara nyata dalam meningkatkan kinerja pegawai. Kepuasan kerja dapat memediasi secara parsial pengaruh motivasi pelayanan publik terhadap kinerja pegawai, Kepuasan kerja tidak dapat memediasi pengaruh antara profesionalisme terhadap kinerja pegawai, sedangkan profesionalisme hanya bepengaruh langsung terhadap kinerja pegawai
This study aims to determine and analyze the effect of public service motivation, professionalism on employee performance through job satisfaction. The population in this study were employees who worked at the Binamu District Office, Jeneponto Regency. The type of research proposed is a quantitative research type, because this research is presented with numbers. Data were collected through observation, interviews and questionnaires with data analysis techniques using path analysis. The results of this study are that public service motivation and professionalism have a significant effect on job satisfaction, and employee performance, job satisfaction has a significant effect on improving employee performance. Job satisfaction can partially mediate the effect of public service motivation on employee performance. Job satisfaction cannot mediate the effect of professionalism on employee performance, while professionalism only has a direct effect on employee performance.
Downloads
References
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Amanda, Rosalie (2017) Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Kepuasan Kerja Pada Bagian Training Plan Dan Evaluation di PT Angkasa Pura II. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit : Rineka Cipta, Jakarta
Asra, Abuzar, dkk. (2014). Metode Penelitian Survey.Jakarta : In Medika
Atnila (2019) Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kelurahan Kawatuna. e Jurnal Katalogis, Volume 5 Nomor 4, April 2017 hlm 1-8. ISSN: 2302-2019.
Busro, Muhammad. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadameidia Group.
Cahyasumirat, Gunawan, (2006) Pengaruh Profesionalisme dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Internal Audit ordengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Internal Auditor PT. BANK ABC). Tesis Program Studi Magister Sains Akuntansi Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang
Clara I. A. Waterkamp, (2017) Pengaruh Profesionalisme, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Manado. Jurnal EMBA, Vol.5 No.2 September 2017, Hal.2808-2818. ISSN 2303-1174.
Dwiyanto, Agus, 2011, Mengembalikan Kepercayaan Publik Melalui Reformasi Birokrasi, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Gerry Richard Bolung, (2018) Pengaruh Profesionalisme dan Keterampilan Terhadap Kepuasaan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA Vol.6 No.4 September 2018, Hal. 3238 – 3247 ISSN 2303-1174.
Handoko, T. Hani, 2014, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, edisi revisi, Penerbit BPFE, Yogyakarta
James L. Perry and Annie Hondeghem. 2011. Motivational in Public Management. Oxford.
Pardiman (2015) Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pelayanan Publik. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang https://www.
Perry, James. L, Annie Hondeghem and Lois Recascino Wise. 2011. “ Revisiting the Motivational Bases of Public Service: Twenty Years of Research and an Agenda for the Future”. Paper prepared for presentation at the International Public Service.
Sujarweni, Wiratna, V. 2016, Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS, Penerbit : Pustaka Baru Press, Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jerry. F Alfreth, Muhlis Ruslan, Cahyono Cahyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.