ANALISIS PERBANDINGAN PEMBELIAN ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINIMARKET INDOMARET DI KECAMATAN MANGGALA
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3858Keywords:
Penjualan Offline, Penjualan Online, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai bagaiamana perbandingan antara pembelian online dan offline terhadap keputusan pembelian pada minimarket indomaret di Kecamatan Manggala. Pada dasarnya tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu sebuah penelitian yang berusaha memberikan gambaran mengenai objek yang diteliti yang bertujuan membuat deskriptif atau gambaran secara sistematis dan aktual mengenai fakta-fakta yang ada. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu; penarikan informan yang dilakukan secara sengaja dengan kriteria tertentu. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 10 orang Yaitu orang atau pelaku yang benar-benar tahu dan menguasai masalah, serta terlibat langsung dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen pada minimarket Indomaret di Kacamatan Manggala yaitu produk, Harga, promosi, pelayanan, Fasilitas dan Lokasi.
This study aimed to determine and describe the comparison between online and offline purchase on purchasing decision in Indomaret minimarket in Manggala Sub-district. Basically the type of research used is descriptive, namely a study that attempts to provide an overview of the object being studied which aims to make a descriptive or systematic and actual description of the facts that exist. The selection of informants was carried out by purposive sampling namely, intentional withdrawal of informant with certain criteria. The subjects of this study amounted to 10 people, namely people or actor who really know and master the problem, and they were directly involved with the research problem. Data collection technique in this study used observation, interviews, documentation. The results of the study showed that the factors that influence consumer purchasing decision at Indomaret minimarket in the Manggala Sub-district are product, price, promotion, service, facility and location.
Downloads
References
Akhmadi., & Prasetyo, A. R. (2018). Profitabilitas, Rasio Solvabilitas dan Harga Saham; Studi Empirik Pada Perusahaan Subsektor Batubara yang terdaftar di Bura Efek Indonesia Periode 2010-2014. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 11(1), 61-71
Amstrong, Garsy & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Andini, N. P., Suharyono, & Sunarti. (2014). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan pelanggan dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 11(1).
Ardoyo, & Andini, I. (2017). Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Mahasiswa Universitas Gunadharma. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 19(1).
Basu Swastha dan Irawan, 2005, Asas-asas Marketing, Liberty, Yogyakarta.
D. Susandi dan Sukisno, “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear,” J. Sist. Inf., vol. 4, hlm. 5–8, Agu 2017.
Dash, G., Kiefer, K., & Paul, J. (2021). Marketing-to-Millennials: Marketing 4.0, customer satisfaction and purchase intention. Journal of Business Research, 122(October 2020), 608–620. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.10.016
Dhinarti, Larasati dan Firda Amalia. 2019. “E-Commerce dalam Perspektif Fiqh Muamalat”. CIMAE Proceeding Vol. 2 periode 2019
Djaslim Saladin, 2007, Manajemen Pemasaran, Bandung; Linda Karya
Elissa, Ingge dan Mujiyana. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet pada Toko Online. Jurnal Ekonomi Manajemen. Universitas Diponegoro, Semarang.
Jakarta: Erlangga.
Kalakota, R. and Whinston, A. B, (1997). Electronic commerce : a manager’s guide, Addison-Wesley: Reading, Mass. ; Harlow, England.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler Philip dan Amstrong Gary 2012, Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Jakarta :Erlangga.
Kotler, Keller, 2016. Marketing Management 15e Global Edition. England.
Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks. Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua,
Natakusumah, F.A. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Ina Cookies Bandung). Skripsi pada Universitas Telkom.
PT Alfabet.Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Sudaryono, Dr. 2017. Metodologi Penelitian. Depok : PT. Raja Grafindo Husada. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rezky Amalia Putri, Chahyono Chahyono, Muhlis Ruslan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.