PENGARUH PELAYANAN DAN SISTEM PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI PERSAINGAN USAHA PROPERTY PT.GRIYA KENARI MAKASSAR

Authors

  • Maya Indriani Yacob Magister Program Studi Manajemen Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Muhlis Ruslan Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Hasanuddin Remmang Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v4i1.1200

Keywords:

Pelayanan, Sistem Pemasaran, Persaingan Usaha, Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan dan sistem pemasaran secara langsung terhadap kinerja pemasaran dan tidak langsung melalui persaingan usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan pada PT. Griya Kenari Makassar. Populasi adalah seluruh pegawai PT. Griya Kenari Makassar sebanyak 75 orang dengan menggunakan tehnik non-probability sampling (sampling jenuh). Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada PT. Griya Kenari Makassar, pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persaingan usaha dan kinerja pemasaran, empati yang dimiliki karyawan mampu mendorong kemampuan persaing dan mengembangkan pelanggan, sementara sistem pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap persaingan usaha namun tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran, segmentasi yang diterapkan oleh perusahaan telah mendorong kemampuan bersaing dengan memahami kemampuan pesaing, meskipun dalam kinerja pemasaran belum signifikan sebab pelanggan yang berbeda karakteristik membutuhkan pendekatan yang berbeda.  Persaingan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, dengan lingkup bersaing telah mampu meraih banyak pelanggan, dan pada pengaruh tidak langsung, pelayanan dan sistem pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui persaingan usaha.

The research aims to determine and analyze the effect of services and marketing systems directly on marketing performance and indirectly through business competition. It is a quantitative type, and was conducted at PT. Griya Kenari Makassar. The population is all employees of PT. Griya Kenari Makassar as many as 75 employees, using non-probability sampling (total sampling). Data collection techniques are through observation, interviews, questionnaires and documentation with data analysis using SmartPLS. The results showed that at PT. Griya Kenari Makassar, service has a positive and significant effect on business competition and marketing performance, employee empathy is able to encourage competitiveness and develop customers, while marketing system has a positive and significant effect on business competition but not significant on marketing performance, segmentation applied by the company has encouraged the ability to compete by understanding the capabilities of competitors, although in marketing performance it has not been significant because different customer characteristics require different approaches. Business competition has a positive and significant effect on marketing performance, with the scope of competition being able to reach many customers, and on the indirect effect, services and marketing systems have a positive and significant effect on marketing performance through business competition.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriana dan Chandra Tjipto. 2008. Brand Manajemen dan Strategi. Yogyakarta: Elex Media Komputindo

Akbar, Muhammad. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengunjung Wisata Kampung Kidz Kota Batu). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang

Albertus, Christian dan Diah Dharmayanti. 2013. Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Customer Saticfaction dan Customer Loyalty the Light Cup di Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Volume 1 Nomor 2

Budiarti. E. 2018. Pengaruh Customer Relationship Management, Kualitas Pelayanan, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Dampaknya Pada Kinerja Pemasaran Pasar Rakyat Di Provinsi Jawa Timur. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 1).

Febriani, A. 2019. Strategi pemasaran syariah dalam persaingan usaha ikan asap (studi kasus produsen ikan asap Kelurahan Pekajangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan) (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).

Ferdinand, A. 2003. Struktural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Univeritas Diponogoro

Frank Fishwick. 1995. Seri Strategi Manajemen Strategi Persaingan. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip

Hair et al. 1998. Multivariate Data Analysis. Fifth Edition, Prentice Hall

Hidayatullah, S., Patalo, R. G., Firdianjah, A., & Waris, A. 2019. Pengaruh sistem informasi pemasaran, kualitas pelayanan dan loyalitas terhadap keunggulan bersaing jatim park group. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 3, No. 1, pp. 1652-1660).

I Nengah Aryana, dkk. 2017. Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Kinerja Sistem Informasi Dan Customer Intimacy Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Perhotelan di Bali). E-Journal Ekonomi dan Bisnis. Vol 6 No. 4

Jogiyanto. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. BPFE

Karinda, M. V., Mananeke, L., & Roring, F. 2018. Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome Pt. Telkom Area Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3).

Kuntjoroadi, W., & Safitri, N. 2011. Analisis strategi bersaing dalam persaingan usaha penerbangan komersial. Bisnis & Birokrasi: Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 16(1).

Kurtz. 2008. Contemporary Marketing. New York: Sount-West. Cengage Learning.

Mani, J. 2018. Pengaruh Peran Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2(2), 263-280.

Marr, Bernard and Jay Chatzkel. 2016. Intellectual Capital at the Crossroads : Managing, Measuring and Reporting IC. Journal of Intellectual Capital5(2): 224-229

Navilasari, V. 2020. Strategi Pemilik Usaha Salon Kecantikan Dalam Mempertahankan Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Pelanggan Untuk Menghadapi Persaingan Bisnis Di Azzahrah Beauty Center Tulangan Sidoarjo Pada Masa Pandemi Covid-19.

Porter, Michael. 2012. The Five Competitive Forces That Shape Strategy. Harvard Business Review

Porter. 2008. Competitive Advantage. Karisma Publishing Group. Jakarta.(Bahasa Indonesia).

Solihin, D. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT Prima Ufuk Semesta (Studi Empiris Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK). Jurnal Semarak, 3(1), 20-26.

Sunarto. 2003. Prinsip-Prinsip Pemasaran. AMUS: Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran Jasa. Andi Offset, Yogyakarta.

Wahyono. 2002. Orientasi Pasar dan Inovasi : Pengaruh Terhadap Kinerja. Pemasaran. Indonesian Journal of Marketing Science, Mei

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Yacob, M. I., Ruslan, M., & Remmang, H. (2021). PENGARUH PELAYANAN DAN SISTEM PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI PERSAINGAN USAHA PROPERTY PT.GRIYA KENARI MAKASSAR. Indonesian Journal of Business and Management, 4(1), 38–45. https://doi.org/10.35965/jbm.v4i1.1200