ANALISIS STRATEGI BERSAING PRODUK KREDIT KEPEMILIKAN KENDARAAN BERMOTOR PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO)TBK KANTOR WILAYAH MAKASSAR

Authors

  • Alfian Setiawan Bank Rakyat Indonesia
  • Muhlis Ruslan Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Herminawati Abubakar Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v2i2.565

Keywords:

Strategi, Persaingan, Produk, Kredit, BRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor lingkungan eksternal (peluang dan ancaman).. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 44 Karyawan dengan teknik non probability sampling menggunakan metode sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis swot. Hasil Penelitian menemukan bahwa faktor kekuatan (internal) yakni harga produk yang ditetapkan terjangkau konsumen memiliki skor nilai tinggi dibandingkan kualitas produk yang ditawarkan, pengaruh lokasi terhadap kelangsungan usaha, pelayanan kepada konsumen, jaminan kualitas produk, dan kerjasama yang baik dengan pihak asuransi. Sedangkan pada faktor kelemahan (internal) yakni keterbatasan jumlah karyawan yang tinggi memiliki skor paling tinggi dibadingkan dengan tingkat harga kredit kendaraan yang ditawarkan dan resiko penurunan pendapatan yang tinggi. Untuk faktor Peluang (eksternal) yang memiliki skor paling tinggi yakni perusahaan memiliki keunggulan dalam menangkap pangsa pasar yang baik dibandingkan dengan jalinan kerjasama perusahaan dengan konsumen, dampak positif dari keragaman produk yang ditawarkan, citra perusahaan yang baik dimata konsumen, respon positif konsumen terhadap jasa perusahaan, tingkat daya beli masyarakat, dan tingkat permintaan pasar.Sedangkan untuk faktor ancaman (eksternal) yakni tingkat persaingan usaha yang tinggi memiliki skor paling tinggi dibandingkan resiko usaha jasa kredit kendaran yang tinggi, resiko pekerja freelance yang tinggi, tuntutan pasar dalam peremajaan kendaraan yang tinggi, tingkat kriminalitas pencurian kendaraan yang tinggi dan tingginya pertumbuhan usaha kredti kendaraan disekitar.Secara garis besar dari ke empat faktor tersebut faktor Kekuatan dan Peluang masih memiliki skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan faktor Kelemahan dan Ancaman sehingga PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berada dalam posisi yang baik.

This study aims to identify and analyze the internal environmental factors (strengths and weaknesses) and external environmental factors (opportunities and threats). Data collection methods consist of observation, interviews, documentation and questionnaires. The population and sample in this study consisted of 44 employees with a non-probability sampling technique using a saturated sampling method. The data analysis method used is descriptive analysis and SWOT analysis. The results of the study found that the strength factor (internal), namely the price of the product that is determined to be affordable by consumers, has a high score compared to the quality of the product offered, the effect of location on business continuity, service to consumers, product quality assurance, and good cooperation with the insurance company. Meanwhile, the weakness (internal) factor, namely the limited number of high employees, has the highest score compared to the price level of vehicle loans offered and the risk of a high decline in income. For the Opportunity (external) factor, the highest score is the company that has the advantage of capturing a good market share compared to the company's collaboration with consumers, the positive impact of the diversity of products offered, a good corporate image in the eyes of consumers, positive consumer responses to company services , the level of public purchasing power, and the level of market demand. As for the threat factor (external), the high level of business competition has the highest score compared to the risk of high vehicle credit service business, high risk of freelance workers, high market demands in vehicle rejuvenation, the high level of vehicle theft crime and the high growth of the surrounding vehicle credit business. Broadly speaking, of the four factors, the Strength and Opportunity factors still have higher scores than the Weakness and Threats factors so that PT Bank Rakyat Indonesia (Persero ) Tbk is in a good position.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-07

How to Cite

Setiawan, A., Ruslan, M., & Abubakar, H. (2021). ANALISIS STRATEGI BERSAING PRODUK KREDIT KEPEMILIKAN KENDARAAN BERMOTOR PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO)TBK KANTOR WILAYAH MAKASSAR. Indonesian Journal of Business and Management, 2(2), 112–120. https://doi.org/10.35965/jbm.v2i2.565

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>