PENGARUH LOKASI, PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MELALUI GAYA HIDUP KONSUMEN DI MALL PANAKKUKANG DAN MALL RATU INDAH
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3867Keywords:
Lokasi, Pelayanan, Citra Merek, Gaya Hidup, Minat BeliAbstract
Penelitian kemampuan manajemen untuk mengelola entitas bisnis jelas sangat penting khususnya dalam meningkatkan minat beli masyarakat atas produk yang ditawarkan. Dalam penelitian ini, lokasi, pelayanan, citra merek dan gaya hidup adalah faktor-faktor yang mampu mempengaruhi minat beli sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lokasi, pelayanan, citra merek terhadap minat beli melalui gaya hidup masyarakat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai sumber data utama dengan jumlah sampel 91 orang pengunjung pada kedua Mall, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode random analyzis sampling dengan menggunakan rumus slovin, teknik analisis data yg digunakan adalah moderate regression analyzis ( MRA ). Hasil penelitian ini menemukan secara parsial lokasi, pelayanan, dan citra merek berpengaruh terhadap minat beli, begitupun pengujian dengan menggunakan variabel moderasi gaya hidup, lokasi dan pelayanan juga berpengaruh terhadap minat beli, sedangkan citra merek tidak berpengaruh terhadap minat beli melalui gaya hidup kostumer Mall Panakkukang dan Mall Ratu Indah.
Management's ability to manage business entities is clearly very important, especially in increasing people's purchase interest in the product offered. In this research, location, service, brand image and lifestyle are factors that can influence purchase interest, so this research aimed to examine the influence of location, service, brand image on buying interest through people's lifestyle. The type of research was quantitative research using a questionnaire as the main data source with a sample size of 91 visitors at both Malls. The sampling in this research used a random analysis sampling method using the Slovin formula. The data analysis technique used was moderate regression analysis (MRA). The result of this research partially found that location, service and brand image has an influence on buying interest, also testing using the moderating variable lifestyle, location and service also has an effect on purchase interest, while brand image has no effect on purchase interest through customer lifestyle at Panakkukang Mall and Ratu Indah Mall.
Downloads
References
Ade Priangani, (2013). memperkuat manajemen pemasaran dalam konteks persaingan global.jurnal kebangsaan,vol.2 No.4 x juli 2013.UNPAS Bandung
Ahmad, Awaludin dan Ahmad Guspul. 2016. Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Kepercayaan Nasabah Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Wonosobo. Jogja: Pustaka Pelajar
Alimah, Ricca Nur. 2017. Pengaruh Atmosfer Toko, Atribut Toko dan Citra Toko terhadap Minat Beli Konsumen pada Artha Buana Mart. Jurnal Simki-Economic Vol. 1, No. 05, Hal 1-13
Alma Buchari,2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: C.V Alfabeta.
Ananda, Indra. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Konsumen pada Ramayana Lestari Sentosa Pekanbaru.Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.3, No.1, Hal 1-9, Dalam Universitas Riau
Basu, Swastha, & Irawan, 2015, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta
Bernard T. Widjaja. 2015. Lifestyle Marketing. Pradigma baru pemasaran bisnis jasa. Gramedia pustaka Utama. Jakarta.
Buchari Alma. 2015. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta. Engel, James, et al. 2016. Consumer Behaviour. Mason: Permissions. Department, Thomson Business and Economics. Ferdinand, Augusty.
Evans Mambu. 2015 [20:28, 7/4/2020].the influence of brand image and service quality toward consumer purchase intention of bluebird taxi man Jurnal emba Vol.3 No.4 December 2015, Hal. 645-653. University of Sam Ratulangi Manado
Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta
Fandy Tjiptono. 2015. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono. 2016. Pemasaran Jasa. Yogyakarta, Andi Offset.
Ferdinand, Augusty.2015. Structural Equation Modelling dalam Penelitian. Manajemen. Semarang Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler dan Keller. (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.
Kotler Philip, Amstrong Gary. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta :Erlangga
Kotler Philip, Amstrong Gary. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Ruslan Reka, 2021 Pengaruh lokasi, Pelayanan dan citra terhadap gaya hidup dan minat beli masyarakat di Makassar Mall, volume 10, 2
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, 2016 Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 A Muhammad Luthfi A. M., Herminawati Abubakar, Chahyono Chahyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.