PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA MELALUI PELAKU USAHA INDUSTRI PENGOLAHAN MAKANAN DAN MINUMAN DI KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v4i1.1190Keywords:
Kreativitas, Inovasi, Pelaku Usaha, Keberlangsungan UsahaAbstract
Untuk menjaga keberlangsungan usaha seyogiaya dilakukan melalui pengembangan ekonomi kreatif. Pe-ngelolaan Usaha industri pengolahan makanan dan minuman melalui penerapan ekonomi kreatif sebagai wujud dari upaya untuk menjaga keberlangsungan usaha melalui kreativitas dan inovasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap pelaku usaha, pengaruh kreativitas, inovasi dan pelaku usaha terhadap keberlangsungan usaha, serta untuk menganalisis pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap keberlangsungan usaha melalui pelaku usaha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode explanatory. Adapun yang menjadi populasi adalah Industri pengolahan makanan dan minuman di Kabupaten Maros sebanyak 476, dengan menggunakan sloving sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 217. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan analisis SEM. Hasil penelitian bahwa kreatifitas memberikan pengaruh secara nyata dalam meningkatkan pelaku usaha. Inovasi memberikan pengaruh secara nyata terhadap pelaku usaha. Kreatifitas memberikan pengaruh secara nyata dalam meningkatkan kebelangsungan usaha. Inovasi yang dimiliki maka akan dapat memberikan pengaruh yang nyata dalam meningkatkan keberlangsungan usaha. Pelaku usaha memberikan pengaruh yang nyata dalam meningkatkan keberlangsungan usaha. Pelaku usaha dapat memediasi pengaruh kreatifitas terhadap keberlangsungan usaha dan pelaku usaha dapat memediasi pengaruh inovasi terhadap keberlangsungan usaha pengolahan makanan dan minuman di Kabupaten Maros..
To maintain business continuity, it should be done through the development of the creative economy. Business management of the food and beverage processing industry through the application of the creative economy as a manifestation of efforts to maintain business continuity through creativity and innovation. The purpose of this study is to analyze the effect of creativity and innovation on business actors, the effect of creativity, innovation and business actors on business continuity, and to analyze the effect of creativity and innovation on business sustainability through business actors. This research is quantitative research with an explanatory method. The population of the food and beverage processing industry in Maros Regency is as many as 476, by using slovin so that a total sample of 217 is obtained. Data collection techniques are through questionnaires with data analysis techniques using SEM analysis. The results of the study show that creativity has a real influence on increasing business actors. Innovation has a real impact on business actors. Creativity has a real influence on increasing business continuity. The innovations that are owned will be able to have a real influence on improving business continuity. Business actors have a real influence on improving business continuity. Business actors can mediate the influence of creativity on business continuity and business actors can mediate the influence of innovation on the sustainability of food and beverage processing businesses in Maros Regency
Downloads
References
Carmen. Martti & Maria. 2009. Innovation and performance in SME furniture industries. An international comparative case study. Marketing Intelligence & Planning, vol. 27, no. 2, pp. 216-232.
Chahyono, (2017) Pengaruh kreatifitas dan Inovasi sebagai determinasi Perilaku usaha wirausaha terhadap keberlangsungan usaha industri.
Lena Ellitan & Lina Anatan. 2009. Manajemen Inovasi. Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia. Bandung : Alfabeta.
Man, T. W. Y., T. Lau, dan K. F. Chan. (2002). "The competitiveness of small and medium enterprises A conceptualization with focus on entrepreneurial competencies". Journal of Business Venturing, Vol. 17, No. 2, hlm: 123-142.
Man, Thomas, Theresa, Snape, Ed, (2012). Entrepreneurial competencies and the Performance of SMEs: An Investigation Through a Framework of Competitiveness. Journal of Small Business & Entrepreneurship. Vol.21, Issue 3, P.257-276.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol 1 (1).
Reniati (2011) Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Bisnis Sebuah Desain: Kreativitas Organisasi, Kompetensi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar. Indonesian Journal of Economics and Busines Vol 2, No 2 (2012)
Reniati, (2013). Kreativitas Organisasi dan Inovasi Bisnis. Cetakan (2), Bandung: Alpa Beta.
Ropke, Jochen.2003. Ekonomi Koperasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Singarimbun, Masri & 4ofian Effendi. (2008). Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.
Suryana. (2014). Kewiraushaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Zimmerer, W. Thomas, and Scarborough M. Norman, (2008). Essensialls of Entrepreneurship and Small Businesss Manajemen-Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil, Edisi (5), Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Indeks.
Zhou, K. ., Yim, C.K., dan Tse, D.K., (2005), The Efeect of strategic Orientations on Technology-and Market-Based Breakthrough Innovations. Journal of Marketing. Vol. 69
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Hamka Hamka, Sukmawati Marjuni, Chahyono Chahyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.