PENGARUH KREATIVITAS, INOVASI TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PADA BPJS KETENAGAKERJAAN DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Adinda Adinda Account Representative Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Makassar
  • Chahyono Chahyono Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Muhtar Sapiri Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v7i2.5287

Keywords:

Kreativitas, Inovasi, Keunggulan Bersaing , Kinerja Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh kreativitas terhadap keunggulan bersaing, pengaruh inovasi terhadap keunggulan bersaing, pengaruh kreativitas terhadap kinerja pemasaran, pengaruh inovasi terhadap kinerja pemasaran, pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran, pengaruh kreativitas terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing, serta pengaruh inovasi terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing pada BPJS Ketenagakerjaan di Kota Makassar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah samapel 100 orang peserta BPJS Ketenagakerjaan kota Makassar. Teknik pengumpulan data melalui: observasi dan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan SmartPLS 4. Hasil temuan bahwa kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing dapat memediasi kreativitas dan inovasi terhadap kinerja pemasaran pada BPJS Ketenagakerjaan di kota Makassar.

The purpose of the study was to analyze the influence of creativity on competitive advantage, the influence of innovation on competitive advantage, the influence of creativity on marketing performance, the influence of innovation on marketing performance, the influence of competitive advantage on marketing performance, the influence of creativity on marketing performance through competitive advantage, and the influence of innovation on marketing performance through competitive advantage at BPJS Ketenagakerjaan in Makassar City.  The research method used a quantitative approach with a sample size of 100 BPJS Ketenagakerjaan participants in Makassar City. 0Data collection techniques through: observation, and questionnaires, while data analysis techniques used SmartPLS 4. The findings showed that creativity had a positive and significant effect on competitive advantage, innovation had a positive and significant effect on competitive advantage, creativity had a positive and significant effect on marketing performance, innovation had a positive and significant effect on marketing performance, competitive advantage had a positive and significant effect on marketing performance. Competitive advantage can mediate creativity and innovation on marketing performance at BPJS Ketenagakerjaan in Makassar City.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Budiyanto, M., & Suwitho. (2023). Kinerja Pemasaran Berbasis Customer Involvement (Sebuah Kajian Service Dominant Logic. Solok: Mitra Cendekia Media.

Ariasih, M. P., Nurchayati, Zahara, A. E., Mulyanti, D. R., Dagutani, D., Adirinekso, G. P., Goetha, S., & Watu, E. G. C. (2023). Pemasaran Jasa: Teori dan Penerapannya. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Athoillah, M., & Putri, R. K. (2023). Sistem Informasi Manajemen. Banyumas: CV. Pena Persada.

Cahyaningtyas, M. (2022). Pengaruh Kreativitas dan Pemasaran Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Mediasi pada Usaha Menengah Mebel Kayu Jati di Kabupaten Blora. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Chahyono, Karim, A., Azis, M., & Nuryadin, R. (2023). Kelangsungan Bisnis Layanan Makanan dan Minuman di Makassar, Indonesia. Artikel Penelitian Manajemen Pedesaan Dan Pengembangan Pertanian, 54(11).

Dabrowski, D., Brzozowska-Wos, M., Golb-Andrzejak, E., & Firgolska, A. (2019). Market orientation and hotel performance: The mediating effect of creative marketing programs. Journal of Hospitality and Tourism Management, 41, 175–183.

Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (edisi kese). Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gozali, I., & Nugraha, A. C. (2022). Analisis Kinerja Pemasaran Untuk Maencapai Keunggulan Bersaing (Studi Pada Centra Industri Pakaian Batik Di Pekalongan). Jurnal Soshumdik, 1(1), 43–52.

Gunistiyo, & Hanfan, A. (2019). Manajemen Pemasaran Membangun Kinerja Pemasaran UMKM. Banyumas: Indonesia Research Society (IRS).

Harjadi, D., & Gunawan, W. H. (2020). Analisis Pengaruh Inovasi dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran Rumah Makan di Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 4(2), 162–176.

Hudha, N., Rahadhini, M. D., & Sarwono, A. E. (2022). Keunggulan Bersaing Sebagai Mediator Antara Digital Marketing dan Kinerja Pemasaran (Survei Pada UKM Tenun Lurik di Desa Mlese, Cawas, Klaten). BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 19(1), 70–80.

Lestari, W. A., Budianto, A., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh Inovasi dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Suatu Studi pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya). Busines Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), 38–48.

Maulidya, F. A. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kreativitas Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Bisnis Online Mariza Toserba Di Tengah Pandemi Covid-19. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Naninsih, N., Alam, S., & Indriasari, D. P. (2022). Pengaruh Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Digital Marketing. YUME: Journal of Management, 5(2), 479–490.

Numat, M., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2022). Pengaruh Kreativitas Strategi Pemasaran, Inovasi dan Orientasi Kewirausahan Terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Mediasi pada UMKM Batik di Kota Yogyakarta dalam Masa Pandemik Covid-19. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 1167–1190.

Nusandini, A., & Nugraha, H. S. (2020). Pengaruh Inovasi dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing (Studi Pada UKM Batik di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 1–7.

Putri, Y. A., & Irda. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kreativitas Program Pemasaran dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Pangan Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Universitas Bung Hatta, 22(2).

Ratang, W. (2023). Pengantar Bisnis: Panduan Praktis Memulai Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0. Indramayu: Penerbit Adab.

Ratnawati, Amanda, D., & Pradana, A. A. (2019). Inovasi pemasaran produk unggulan berbasis ekonomi digital. Jakarta: Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi.

Riany, A. I., & Dahmiri. (2020). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Wedding Organizer Hastina Puspita Decoration Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 9(2), 94–104.

Rohmaniyah, A., & Nurhayati, T. (2017). Peningkatan Kreativitas Pemasaran Dan Kualitas Networking Berbasis Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada CV. Mubarokfood Cipta Delicia Kudus). Jurnal Ekobis, 18(2), 149–163.

Saputra, M. H. (2022). Meningkatkan Kinerja Pemasaran: Sebuah Pendekatan Business to Business. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Sari, A. D., Suharno, & Achmad, G. N. (2021). Pengaruh Inovasi Pemasaran terhadap Kinerja Inovatif dan Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bontang. Jurnal Sinar Manajemen, 8(1), 23–28.

Sekaran, U. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supit, A. D., Tawas, H. N., & Djemly, W. (2022). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Kinerja UMKM Dengan Kinerja Pemasaran Sebagai Variabel Intervening Di Kabupaten Minahasa. Jurnal EMBA, 10(4), 2096–2108.

Surya, L. M. (2021). Pengaruh Kreativitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Yang Dimediasi Oleh Keunggulan Bersaing (Studi pada UKM di Kota Yogyakarta). Jurnal Universitas Islam Indonesia, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Wahyuningsih, R. (2020). Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Adaptasi Lingkungan, Inovasi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(2), 79–91.

Wicaksana, S. A., Alqini, A. faisal, & Ambyah, H. (2022). Transformasi Digital: Perspektif Organisasi, Talenta, dan Budaya Digital. Riau: CV. Dd Publishing.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Adinda, A., Chahyono, C., & Sapiri, M. . (2025). PENGARUH KREATIVITAS, INOVASI TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PADA BPJS KETENAGAKERJAAN DI KOTA MAKASSAR. Indonesian Journal of Business and Management, 7(2), 272–280. https://doi.org/10.35965/jbm.v7i2.5287

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>