PENGARUH PROFESIONALISME DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA AUDITOR INTERNAL DAN REWARD SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Kantor Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan)

Authors

  • Yeni Sartika Marewa Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Yusuf Saleh Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Thamrin Abduh Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v1i1.64

Keywords:

Profesionalisme, Komitmen Organisasi, Reward, Kinerja Auditor

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh langsung profesionalisme terhadap kinerja auditor, pengaruh profesionalisme terhadap reward, pengaruh langsung komitmen organisasi terhadap kinerja auditor, pengaruh komitmen organisasi terhadap reward, dan pengaruh reward terhadap kinerja auditor pada Kantor Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang digunakan untuk menganalisis apakah variabel eksogenus (profesionalisme, komitmen organisasi dan reward) mempengaruhi variabel endogenus (kinerja auditor). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profesionalisme, komitmen organisasi dan reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor selanjutnya variabel profesionalisme dan komitmen organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap reward  pada Kantor Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan. Dari hasil pengujian memilki signfikansi t-hitung > t-tabel, atau 3,221 > 1.683, maka profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap reward. Dengan ini berarti semakin tinggi sikap profesionalisme seorang auditor maka akan semakin tinggi pula reward yang akan diterima. t-hitung > t-tabel, atau 2.723 > 1.683, maka komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap reward, dengan ini berarti pemberian reward dapat meningkatkan komitmen dalam organisasi. t-hitung > t-tabel, atau 6,287> 1.683, maka profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor,  dengan  ini  berarti  sikap  profesionalisme  dapat  meningkatkan  kinerja auditor, semakin tinggi sikap profesionalisme yang dimiliki oleh auditor maka akan semakin  tinggi  pula  kinerja  auditor.  t-hitung  >  t-tabel,  atau  4.014  >  1.683,  maka komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor, dengan ini berarti komitmen organisasi dapat meningkatkan kinerja auditor. t-hitung > t-tabel, atau 2,591 > 1.683, maka reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor yang berarti reward dapat meningkatkan kinerja seorang auditor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-04-18

How to Cite

Marewa, Y. S., Saleh, Y., & Abduh, T. (2019). PENGARUH PROFESIONALISME DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA AUDITOR INTERNAL DAN REWARD SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Kantor Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan). Indonesian Journal of Business and Management, 1(1), 53–56. https://doi.org/10.35965/jbm.v1i1.64

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>