Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Gugus III Kota Parepare

Authors

  • Nettinawati Nettinawati Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Burhan Burhan Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3841

Keywords:

Realistic Mathematic Education (RME), Animasi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh pada pembelajaran berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan animasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SD di Gugus III Kota Parepare. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design. Populasi yaitu seluruh siswa kelas V SD gugus III Kecamatan Soreang Kota Parepare yang berjumlah 154 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 71 Parepare yang berjumlah 39 orang sebagai kelas eksperiment dan UPTD SD Negeri 63 Parepare yang berjumlah 43 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pretest dan posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan analisis data, Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media animasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Gugus III Kota Parepare.

The purpose of the study is to analyze the effect of learning based on the Realistic Mathematic Education (RME) approach assisted by animation on mathematics learning outcomes of class V UPTD elementary school students in Cluster III Parepare City. This type of research is a quasi experimental design. The population is all students in class V of Elementary School Cluster III, Soreang District, Parepare City, totaling 154 people. The samples in this study were 39 students of class V UPTD SD Negeri 71 Parepare as the experimental class and UPTD SD Negeri 63 Parepare, totaling 43 people as the control class. The instruments used to collect data were pretest and posttest. The data collection methods used are observation and written tests, while the data analysis techniques used are descriptive statistical approaches and inferential statistical analysis. Based on data analysis, the results of the research showed that there was an effect of the Realistic Mathematic Education (RME) learning approach assisted by animation media on the mathematics learning outcomes of class V Cluster III students in Parepare City.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Elva Pristy, Wahyudi Wahyudi, and Yohana Setiawan. (2019). “Efektivitas Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika.” MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology 4(1): 95.

Astri Ramadhani, Qurnia. (2018). “Pengaruh Penerapan Strategi Peta Konsep (Consept Maapping) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Bontoramba Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.”

Chisara, Candra, dkk. (2018). “Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika.” Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika): 65–72. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika.

Da Lopez, Marshelly dkk. (2017). “Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA ABC Yogyakarta Pada Topik Sistem Gerak [The Implementation of Peer Tutoring to Increase Cognitive Achievment about the Movement System for Grade XI Students at SMA.” Polyglot: Jurnal Ilmiah 12(2): 70. https://ojs.uph.edu/index.php/DIL/article/view/2081/1070.

Fauzan, Gagan Aditya, dkk. (2020). “Analisis Kemampuan Dan Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Logis Matematik Siswa SMP Dengan Penggunaan Geogebra.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 4(1): 53–63. https://jcup.org/index.php/cendekia/article/view/169.

Festiawan, Rifqi. (2020). “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.” Universitas Jenderal Soedirman.

Fitri, Y. 2016. “Model Pembelajaran Matematika Realistik.” THEOREMS (THE JOuRnal of MathEMatics) 1(2): 185–95. http://ojs.fkipummy.ac.id/index.php/theorems/article/view/120/67.

Hasan, Febiyanti, dkk (2020). “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar.” Jambura Journal of Mathematics Education 1(1).

Hidayat, Eneng dkk. (2020). “Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(1): 106. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/21103/15414.

Malala, Syamsuddin, dkk. (2021). “Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Berbasis Android.” Jurnal Informatika Wicida 10(1): 17–25.

Nafisa, Risma Zuhara, dkk. (2018). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). 395.

Novita, Lina, dkk. (2020). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran.” JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education) 3(1): 46.

Nurhadi. (2020). “Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran.” 2: 77–95. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/786.

Rahim. A, Andika, dkk. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas V SDN 199 Arasoe Kecamatan Cina Kabupaten Bone.” II(1).

Shandy, May. (2016). “Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1): 47–58.

Sholeh, Abdul, and Fahrurozi Fahrurozi. (2021). “Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Blended Untuk Meningkatkan Kreativitas Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(4): 1743–53. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1022.

Software, Berbantuan, Geogebra Pada, Pokok Bahasan, and Segi Empat. (2014). “[Pendidikan Matematika].” (2011): 783–88.

Sudrajat, Ajat. (2016). “Meningkatkan hasil belajar ips melalui model picture and picture terhadap hasil belajar ips kelas iv di sdn rawamangun 09 pagi pulogadung jakarta timur.” jurnal Ilmiah PGSD vol. IX No.: 39–45.

Sugrah, Nurfatimah Ugha. (2020). “Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains.” Humanika 19(2): 121–38.

Upu, Hamzah, dkk. (2020). “Pengaruh Tipe Kepribadian, Berpikir Divergen, Iklim Keluarga, Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA.” Issues in Mathematics Education (IMED) 4(2): 169.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Nettinawati, N., Yunus, M., & Burhan, B. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Gugus III Kota Parepare. Bosowa Journal of Education, 4(1), 98–103. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3841

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>