Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dan Minat Menulis Pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3875Keywords:
Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, Koskata, Minat MenulisAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan penguasaan kosakata siswa kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare dan hubungan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan penguasaan kosakata siswa kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare, sebanyak 25 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, (1) Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang linear antara variable penguasaan kosakata dengan variable keterampilan menulis karangan deskriptif siswa, (2) Minat menulis berkorelasi positif degan keterampilan menulis karangan deskriptif siswa, (3) Pengasaan kosakata dan minat menulis secara bersama- sama mempengaruhi keterampilan menulis karangan deskriptif siswa.
The purpose of this study was to determine: (1) The relationship between descriptive essay writing skills and the vocabulary mastery of class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare, (2) The relationship between descriptive essay writing skills and vocabulary mastery of class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare. This type of research is quantitative research with a correlational approach. The number of samples in this research was class V students at UPTD SD Negeri 73 Parepare, totaling 25 students. The data collection methods used are tests and questionnaires, while the data analysis techniques used are descriptive statistical approaches and inferential statistical analysis. Based on the results of data analysis showed that: (1) There is a linear relationship between the variable vocabulary mastery with variable descriptive essay writing skills of students, (2) Writing interest is positively correlated with students' descriptive essay writing skills, (3) Vocabulary mastery and writing interest together affect students' descriptive essay writing skills.
Downloads
References
Adhani, Agnes. 2017. Kosakata Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Textium.
Adityaningrum, D, St Y Slamet, and T Budiharto. 2021. “Studi Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Minat Menulis Dengan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.” Pendidikan dasar 9(1): 14–19.
Akhadiah, Sabarti. 2011. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Antara, Hubungan et al. 2022. “Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas Iv Sdn Sukowinangun 1 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022.”
Anugrawati, A.R. 2020. “Cohesion and Coherence of Paragraphs in PKN Textbook Learning Materials for Grade VII at SMP/MTs.”: 1–16.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Badruzaman, Dudi. 2019. “Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 8(1): 591–600.
Carin, A.A., R.B Sund, and Bhrigu K Lahkar. 2018. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Gambar Berseri Pada Siswa Kelas III SD Inptes Onekore 6 Kecamatan Ende Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.” Journal of Controlled Release 11(2): 430–39.
Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Chandra, Andy, and Ariht Angin. 2017. “Hubungan Perhatian Orang Tua Dan Iklim Sekolah Dengan Disiplin Pada Siswa Smp N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat.” Jurnal Phsycomutiara 1(1): 1–14. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Psikologi/article/view/129/147.
Darmawati. 2021. “Analisis Kohesi Dan Koherensi Karangan Mahasiswa Informatika Kelas 1D Universitas Cokroaminoto Palopo.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra 7(1): 295–306.
Delvita Rahmi, Wiga, and Afnita. 2020. “Hubungan Antara Penguasaan Kosa Kata Dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Vii Smpn 1 Lembah Gumanti.” METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya 13(1): 21–26. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis/article/view/300/256.
Dewi, Trie Utari, and Syarif Hidayatullah. 2018. “Pengaruh Wawasan Sosok Buya Hamka Dan Minat Menulis Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen.” In Prosiding Seminar Nasional.
Djiwandono, Soernadi. 2011. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Enre, Fachruddin Ambo. 1994. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdkibud.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. 8th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Balai Pustaka.
Guru, Istikomah et al. 2022. “Penerapan Metode Pembelajaran Imajinatif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mengarang Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II SD Negeri 005 Gelora Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau Tahun 2022.” IX(6): 480–89.
Hajar, Ibnu. 1999. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Herung, Andre Gunawan, Donal M Ratu, and Intama J Polii. 2022. “Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Citizen Prosedur.” KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni 2(4): 1290.
Hurlock, E.B. 2017. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. 5th ed. Jakarta: Erlangga.
Kasno. 2014. Kamus Sebagai Rujukan Dan Pengajaran Kosakata. Jakarta: Pusat Bahasa.
Kemendikbudristek. 2021. “Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran.” Kajian Akademik: 130. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/Kajian_Pemulihan.pdf.
Keraf, Gorys. 2010. Diksi Dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Krissandi, Apri, Widharyanto, and Rishe Purnama Dewi Dewi. 2018. Media Maxima Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD: Pendekatan Dan Teknis.
Kusmaita, Kusmaita. 2019. “Korelasi Antara Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Bengkulu.” Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(2): 114–21. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jurnaldiksa/article/download/9921/5028.
Lucas, Darrell Blaine, and Steuart Henderson Britt. 2011. Advertising Psychologi and Research. New York: Literary Licensing.
Martha, Nila, and Yehonala Situmorang. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Teknik Guiding Questions.” Journal of Education Action Research 2(2): 166. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index.
Nasution, Noehi. 1993. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1): 128.
Pauji, Miptah. 2017. “Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan berpidato (Siswa Kelas X smk al-huda turalak).” Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1(2): 268.
Purwanto, Ngalim, and Djeniah Alim. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: PT. Rosda Jaya Putra.
Richards, Jack C, and W. A. Renandya. 2002. Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press.
Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sabani, Fatmaridha. 2019. “Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun).” Didakta: Jurnal Kependidikan 8(2): 89–100. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/71.
Semi, M.A. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sitti Hasnidar, Sitti Hasnidar. 2019. “Pendidikan Estetika Dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah.” Jurnal Serambi Ilmu 20(1): 97.
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta.
Solehah, Nisa Nabilatus, Heri Hadi Saputra, and Heri Setiwan. 2022. “Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 20 Ampenan Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2021/2022.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(1): 229–35.
Sugiyono. 2019a. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, S., Asdar, A., & Hamid, S. (2020). Efektivitas Penerapan Teknik Clustering Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.
Suriamiharja, Agus. 1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdibud.
Suryadi, Edi, and F.A. Milawasri. 2018. “Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Mahasiswafkip Universitas Tridinanti Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.” Jurnal Bindo Sastra 2(2): 232. ttps://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/1263/1084.
Suryaman, Maman. 2013. Modul 1: Menulis Tata Bahasa Idiom. Yogyakarta: UNY Press.
Susanti, Desy. 2019. “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Dan Keterampilan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Kecamatan Kampa.2: 89.
Syah, Muhibbin. 2010. Pisikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yanti, Fitri, and Salwa Hayati. 2022. “Kepramukaan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Increasing
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hastuti Hastuti, Andi Hamsiah, Mas'ud Muhammadiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.