Pemanfaatan Aplikasi Comica Dan Dampaknya Terhadap Minat Dan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar

Authors

  • Henny Sugiarty UPT SPF SD Negeri Pongtiku 2 Kota Makassar
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4465

Keywords:

Aplikasi Comica, Minat, Keterampilan Menulis Cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pemanfaatan aplikasi Comica terhadap minat menulis siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar dan mendeskripsikan dampak pemanfaatan aplikasi Comica terhadap keterampilan menulis cerita siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yang didesain dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Sampel penelitian ini berjumlah 49 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok terdiri atas 25 orang siswa UPT SPF SDN Pongtiku 2 dan 24 orang siswa SDS Muhammadiyah Mimbar Kota Makassar. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa (1) Hasil uji-t menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada minat dan keterampilan menulis cerita pada kelas yang telah diberi perlakuan penggunaan aplikasi Comica sebagai kelas eksperimen. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 80,32 > 58,5. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima dengan nilai Sig. (2-tailed = 0,000) < ½ a (0,05). Pembelajaran menulis cerita dengan menggunakan aplikasi Comica pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan aplikasi Comica (metode konvensional).

This research aims to: (1) Describe the impact of using the Comica application on elementary school students' interest in writing in Makassar City, and (2) Describe the impact of using the Comica application on the story writing skills of elementary school students in Makassar City. This type of research is experimental research, the research approach used is a quantitative approach, which was designed using a pretest-posttest control group design research design. The population in this study were elementary school students in Makassar City. The research sample consisted of 49 students who were divided into two groups, namely the experimental group and the control group with each group consisting of 25 students from UPT SPF SDN Pongtiku 2 and 24 students from SDS Muhammadiyah Mimbar Makassar City. After conducting research, the researchers concluded that (1) The t-test results showed a significant increase in interest and story writing skills in classes that had been treated using the Comica application as an experimental class. Average valueposttest the experimental class is greater than the average value of the control class, namely 80.32 > 58.5. The results of the hypothesis test show that Ho is rejected and H1 is accepted with a Sig value. (2-tailed = 0.000) < ½ a (0.05). Learning to write stories using the Comica application in the experimental class is more effective compared to students who do not use the Comica application (conventional method)..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, L., Askangela, M. L., Berlianty, D., & Asih, R. A. (2022). Improving Distance Learners’ Writing Skills Through Comic Strip Creation: A Project-Based Learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5954–5962.

Alwi, A., Rozak, A., & Wiradinata, R. (2021). Penguatan Aspek Kreativitas Melalui Pembelajaran Menulis Teks Narasi Dengan Model Berbasis Proyek. Jurnal Tuturan, 10(1), 1–15.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Harvey, R. C. (1996). The art of the comic book: An aesthetic history. Univ. Press of Mississippi.

Hikmatin, T. (2020). Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(03), 286–292.

Ilyana, S., & Sari, R. C. (2015). Pengembangan Komik Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Literasi Keuangan Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2).

Makariem Nadiem. (2023). Pidato Pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN), Jakarta.

Mitasari, L. S., & Utami, R. D. (2017). Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Dan Menulis Siswa Kelas Atas diSDN Gumpang 1. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mundziroh, S., Andayani, & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 2(1), 1–10. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/2148/1563

Musfiroh Daraini. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Negeri Sinduadi 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 21, 2. 0442. 053

Nugraheni, N. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).

Purwanto, D. (2013). Pengembangan Media Komik IPA Terpadu Tema Pencemaran Air Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SMP Kelas VII. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 1(01).

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1).

Syaodih S, Nana. 2010. Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yulianti, S., Nuraeni, S., & Parmawati, A. (2019). Improving Students’ Writing Skill Using Brainswriting Strategy. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(5), 714. https://doi.org/10.22460/project.v2i5.p714-721

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Sugiarty, H., Asdar, A., & Hamsiah, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Comica Dan Dampaknya Terhadap Minat Dan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(2), 304–312. https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4465