Pembelajaran Berdiferensiasi IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN 3 Gandangbatu Sillanan Tana Toraja

Authors

  • Reni Dangon UPT SDN 3 Gandangbatu Sillanan Tana Toraja
  • Agustinus Jarak Patandean Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Ifa Safira Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5327

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui gambaran pembelajaran berdiferensiasi IPA terhadap kemampuan berpikir siswa SDN 3 Gandangbatu Sillanan kecamatan Gandangbatu Sillanan kabupaten Tana Toraja (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan yang diajar secara konvensional pada pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini adalah menggunakan penelitian Quasi eksperiment design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 3 Gandangbatu Sillanan. Adapun sampelnya adalah semua siswa kelas VI A sebai kelas ekperimendan kelas VI B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (pretest-posttest) dan dokumentasi, yang dianalisis dengan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t didapatkan nilai thitung sebesar 13,754 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti hipotesis diterima yaitu pembelajaran berdiferensiasi IPA berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SDN 3 Gandangbatu Sillanan Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja.

This study was conducted with the aim to (1) determine the description of science differentiated learning on the thinking ability of students of SDN 3 Gandangbatu Sillanan sub-district Gandangbatu Sillanan district Tana Toraja (2) To determine the difference in critical thinking skills of students taught with differentiated learning strategies with those taught conventionally in Science lessons in Class VI Elementary School Gandangbatu Sillanan District Tana Toraja Regency. This research is a quasi-experiment design using a quantitative approach. The population in this study were all students of SDN 3 Gandangbatu Sillanan. The sample was all students of class VI A as the experimental class and class VI B as the control class. The data collection techniques used in this study were tests (pretest-posttest) and documentation, which were analyzed with descriptive statistics, normality test, homogeneity test and hypothesis test (t test). The results showed that based on the results of the t test, the tcount value was 13.754 with a significance value of 0.000 <0.05. This means that the hypothesis is accepted, namely that differentiated learning of science affects the critical thinking skills of students of SDN 3 Gandangbatu Sillanan, Gandangbatu Sillanan District, Tana Toraja Regency.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmatika, D. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery. Euclid, 3(1).

Aqib, Zainab. 2013. Model-Model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Adun Rusyna dkk. (2014). Keterampilan Berpikir. Pedoman Praktis Para Peneliti Keterampilan Berpikir. Yogyakarta : Ombak. (Anggota IKAPI).

Astuti, R. (2012). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa (Pokok Bahasan Limbah dan Pemanfaatan Limbah Kelas XI Semes (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Avandra, R. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas VI SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2944-2960.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPA untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPA dan MI. Jakarta; Depdiknas.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.

Kurnianto, D. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaraan Problem Solving Disertai LKS pada Materi Pokok Stoikiometri Kelas X M-IPA 3 Semester Genap SMA

Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kosasih, E. 2015. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama widya.

Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793-2803.

Nurdyansyah, N. (2018). Model pembelajaran berbasis masalah pada pelajaran IPA materi komponen ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Okta, P. D., Yennita, Y., & Ansori, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 86-95.

Rofiqoh, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terintegrasi Science, Environment, Technology, Society, And Religious (SETSR) Terhadap Sikap Literasi Sains Dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI IPA DI MA Wahid Hasyim Balung Jember Tahun PelajaraN 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq Jember).

Rusman. 2014. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarsi, S., Yunus, M., & Hamid, S. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik UPT SPF SD Negeri Mangkura I Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1), 01-11.

Supriyati, D. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Hypnoteaching Terhadap Self Regulation Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Negeri 1 Jati Agung Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Wahyuni, N. P. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis STEM untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(1), 109-117.

Wati, Nanik Istika. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Negeri Pasuruan Pati. Skripsi. Kudus: Universitas Muria Kudus Wijaya,

Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118-126.

Wahaab, M. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di MA Tarbiyatul Banin Pati (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Wahyuni, A. P., Purba, A. R. A., Hasibuan, M. A., & Harahap, R. C. (2023). Pengaruh Pengembangan Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD 1 Mardiatul Islamiyah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 733-741..

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Dangon, R., Patandean, A. J. ., & Safira, I. (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN 3 Gandangbatu Sillanan Tana Toraja. Bosowa Journal of Education, 5(2), 235–238. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5327

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>