KEDUDUKAN KONSUMEN DALAM TRANSKASI E-TOLL DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Feri Fulana Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Bosowa
  • Abd. Haris Hamid Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Bosowa
  • Almusawir Almusawir Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/clavia.v23i1.5611

Keywords:

Perlindungan Hukum, Transaksi, Elektronik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi E-Toll di Kota Makassar, serta untuk menganalisis kendala yang dialami konsumen dalam mendapatkan perlindungan hukum saat menggunakan E-Toll di Kota Makassar. Kasus ini menyoroti bahwa pengguna mungkin mengalami masalah seperti saldo yang terpotong dua kali atau transaksi yang gagal tercatat dimana pengguna jalan tol diharuskan memiliki E-Toll Card sebagai opsi pembayaran di jalan tol, sehingga konsumen tidak memiliki pilihan alternatif lainnya untuk melakukan pembayaran dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi konsumen yang ingin menggunakan jalan tol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Normatif dan Empiris. Dengan sumber data primer dan sekunder. Studi ini dilakukan di Kantor PT. Makassar Metro Network yang berlokasi di Menara Bosowa lantai 4 Makassar Sulawesi Selatan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan berbagai pihak terkait yang relevan dengan judul skripsi ini. Pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumen dalam traksaksi E-Toll di Kota Makassar masih belum terlaksana dengan maksimal serta kendala yang dihadapi dalam perlaksanaan E-Toll mencangkup teknis dan oprasional termasuk aspek sosial.

This research aims to analyze the implementation of legal protection for consumers in E-Toll transactions in Makassar City, as well as to analyze the obstacles experienced by consumers in obtaining legal protection when using E-Toll in Makassar City. This case highlights that users may experience problems such as balances being deducted twice or transactions that fail to be recorded where toll road users are required to have an E-Toll Card as a payment option on toll roads, so that consumers do not have other alternative options for making payments and cause inconvenience for consumers who want to use toll roads. This research uses Normative and Empirical research methods. With primary and secondary data sources. This study was conducted at the PT. Makassar Metro Network which is located on the 4th floor of the Bosowa Tower, Makassar, South Sulawesi. Data collection techniques through interviews with various related parties relevant to the title of this thesis. The implementation of legal protection for consumers in E-Toll transactions in Makassar City is still not implemented optimally and the obstacles faced in implementing E-Toll include technical and operational aspects including social aspects.

References

Agustini, Pratiwi. (2019). Sistem Pembayaran Elektronik di Indonesia: Implementasi dan Tantangan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Aulia, A., Nurlaila, & Syakir, A. (2024). Pengaruh E-Wallet, Credit Card Dan Spending Behaviour Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Media Ekonomi, 31(2), 229–240. https://doi.org/10.25105/me.v31i2.18459

Azis, N. A. (2019). Perlindungan Konsumen Bagi Para Pengguna Kartu Elektronik (E-Money) Di Kota Makassar

Kristina, A. (2022). Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Elektronik di Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (2017). Transaksi Tol Non Tunai dan Implementasi E-Toll di Indonesia. Jakarta: PUPR.

Muhammad Alfian Williandanu, & Arikha Saputra. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Penggunaan Uang Elektronik Pada Jalan Tol (E-Toll) Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. The Juris, 6(2), 314–318. https://doi.org/10.56301/juris.v6i2.597.

Salami, R. U., Nurjaya, I. K. K., & Kartika, K. (2013). Penerapan Pasal 4 Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Pada Jasa Pengiriman Dokumen Di Pt. Kerta Gaya Pusaka Perwakilan Purwokerto. Jurnal Dinamika Hukum, 8(2), 145–153. https://doi.org/10.20884/1.jdh.2008.8.2.57

Sari, D. P., Asnawi, M., & Rahim, R. (2022). Analisis Efektivitas Kartu Electronic Toll (E-Toll) Pada Pt. Jasa Marga Tbk. Cabang Belmera. Journal Economic Management and Business, 1(1), 30–44.

Soegianto, B. (2018). Kendala dan Solusi dalam Penggunaan E-Toll di Jalan Tol Indonesia. Surabaya: Airlangga University Press.

Downloads

Published

2025-04-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>