KINERJA PERUSAHAAN JASA PELAKSANA KONSTRUKSI

STUDI KASUS PADA PT DIAN PERDANA SOROWAKO

Authors

  • Muh. Firmansyah A. Saputra Magister Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Seri Suriani Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universtas Bosowa
  • Muhammad Yusuf Saleh Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universtas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v4i2.1383

Keywords:

Manajemen, Kinerja, Perusahaan, Balance Scorecard

Abstract

Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kinerja Perusahaan Jasa Pelaksana Konstruksi Pada PT Dian Perdana Sorowako. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang desainnya bersifat umum serta fleksibel atau berkembang sesuai dengan situasi dilapangan. Penelitian ini dilakukan di Perusahaan PT. Dian Perdana Soroako. Populasi adalah suatu kumpulan menyeluruh dari suatu obyek yang merupakan perhatian peneliti. Populasi yang digunakan untuk menentukan sampel pada perspektif pelanggan adalah jumlah mitra dari PT Dian Perdana Sorowako. Sementara, besarnya populasi untuk perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah jumlah seluruh karyawan tetap maupun karyawan kontrak PT Dian Perdana Sorowako. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yang merupakan teknik penentuan sampel yang dimana setiap elemen populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik ini digunakan karena mempertimbangkan jumlah populasi yang relatif kecil, jadi untuk ketepatan pengukuran (analisis) maka semua elemen populasi, dijadikan sampel penelitian. Jadi berdasarkan teknik penentuan sampel tersebut, maka jumlah responden penelitian ini yaitu 95 orang yang merupakan seluruh karyawan PT. Dian Perdana Soroako. Sedangkan berdasarkan sumbernya, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. sumber data yang digunakan, maka teknik pengumpulan data primer dan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan untuk mengimplementasikan metode Balanced Scorecard terdiri dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, pelanggan/konsumen, proses internal bisnis, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dari perspektif keuangan PT Dian Perdana Sorowako dilihat dari rasio likuiditas dengan menggunakan pengukuran current ratio menunjukkan hasil yang kurang baik, jika dibandingkan dengan ukuran baku perindustrian. (2) Dari perspektif pelanggan PT Dian Perdana Sorowako dilihat dari indikator tangibles, reliability, responsiveness dan assurance dan empaty. (3) Dari perspektif proses bisnis internal PT Dian Perdana Sorowako dilihat dari indikator peralatan, sarana prasarana dan proses pada PT Dian Perdana Sorowako dari perspektif proses bisnis internal secara garis besar memiliki kinerja perusahaan yang cukup baik. (4) Dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan PT Dian Perdana Sorowako dilihat dari indikator kemampuan dan motivasi secara garis besar memiliki kinerja perusahaan yang cukup baik.

The objectives to be achieved in this study are: to determine and analyze the Performance of Construction Service Companies at PT Dian Perdana Sorowako. This study uses a quantitative descriptive approach whose design is general and flexible or develops according to the situation in the field. This research was conducted at PT. Dian Perdana Soroako. Population is a comprehensive collection of an object that is the attention of researchers. The population used to determine the sample from the customer perspective is the number of partners from PT Dian Perdana Sorowako. Meanwhile, the size of the population for the internal business process perspective and the learning and growth perspective is the total number of permanent employees and contract employees of PT Dian Perdana Sorowako. The sampling technique in this study uses a saturated sample which is a sampling technique in which each element of the population is used as a sample. This technique is used because it considers a relatively small population, so for the accuracy of measurement (analysis), all elements of the population are used as research samples. So based on the technique of determining the sample, the number of respondents in this study were 95 people who were all employees of PT. Dian Perdana Soroako. Meanwhile, based on the source, the data used in this study are primary data and secondary data. the data sources used, then the primary data collection techniques and secondary data. The analysis technique used to implement the Balanced Scorecard method consists of four perspectives, namely financial, customer/consumer perspectives, internal business processes, and learning and growth. The results showed that (1) From the financial perspective of PT Dian Perdana Sorowako seen from the liquidity ratio using the current ratio measurement, the results were not good, when compared to the standard industrial size. (2) From the perspective of PT Dian Perdana Sorowako's customers, it can be seen from the indicators of tangibles, reliability, responsiveness and assurance and empathy. (3) From the perspective of PT Dian Perdana Sorowako's internal business processes, seen from the indicators of equipment, infrastructure and processes at PT Dian Perdana Sorowako from the perspective of internal business processes, the company's overall performance is quite good. (4) From the perspective of learning and growth, PT Dian Perdana Sorowako seen from the indicators of ability and motivation, in general, the company's performance is quite good.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmadjati, A. (2018). Layanan Prima Dalam Praktik Saat Ini. Yogyakarta : Deepublish.

Cahtono, W. E., & Subiyono, H. (2018). Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (BSC) dan Objective Matrix (Omax). Matrik: Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, 7(2), 54-68.

Drury, Colin M. (2013). Management and Cost Accounting. Berlin : Springer.

Fidhayatin, S. K., & Dewi, N. H. U. (2012). Analisis nilai perusahaan, kinerja perusahaan dan Kesempatan bertumbuh perusahaan terhadap return Saham pada perusahaan manufaktur yang listing di bei. The Indonesian Accounting Review, 2(2), 203-214.

Gaspersz, Vincent, (2012). All In One: Production and Inventori Management, Edisi 8. Bogor : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat, T. W., & Riharjo, I. B. (2015). Pengukuran Kinerja Unit Kerja Pemerintah Daerah Dalam Perspektif Value For Money. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 4(11).

Indarti, M. K., & Extaliyus, L. (2013). Pengaruh Corporate Gorvernance Preception Index (CGPI), Struktur Kepemilikan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 20(2).

Jariah, A., & Titin Ruliana, S. (2016). Pengukuran Kinerja Pada Koperasi Semoga Jaya Unit Simpan Pinjam Di Tenggarong. Ekonomia, 4(3), 307-312.

Kaplan, Robert S., & Norton, David P., (1996). Strategy Maps (Converting Intangible Assets Into Tangible Outcomes), Harvard Business School Press

Kristiyanti, M. (2012). Peran indikator kinerja dalam mengukur kinerja manajemen. Majalah Ilmiah Informatika, 3(3).

Luckyta, A. C., Kartika, L., & Rahmawati, S. (2020). Evaluasi Kinerja Organisasi Menggunakan Balanced Scorecard. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi, 1(1), 38-44.

Lumbanbatu, J. S. (2020). Implementasi BSC (Balanced Scorecard) Dalam Pendidikan. Sidoarjo : Zifatama Jawara.

Maradita, A. (2014). Karakteristik Good Corporate Governance Pada Bank Syariah dan Bank Konvensional. Yuridika, 29(2).

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor : Ghalia Indonesia.

Mulyadi. (2001). Balance Scorecard, Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2005). Alternative Pemacuan Kinerja Personal Dengan Pemacuan Kinerja Terpadu Berbasis balance Scorecard. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 02, No. 3 Juli; 270-286.

Notosagoro, L. S. (2014). Pengukuran Kinerja Perusahaan Jasa Konstruksi Berdasarkan Metode Balanced Scorecard Studi Kasus pada PT Murinda Iron Stell (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Nugrahayu, E. R., & Retnani, E. D. (2015). Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Pengukuran Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 4(10).

Pratiwi, R. K. A., & Mildawati, T. (2014). Analisis Kinerja Menggunakan Balanced Scorecard pada PT PLN (Persero) Area Surabaya Utara. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(9).

Purnawiranti, Y., & Retnani, E. D. (2015). Implementasi Balanced Scorecard Sebagai Alat Penterjemah Strategi Dan Pengukuran Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 4(11).

Putri, Artati A. (2021). Dampak Sistem Informasi Akuntansi Untuk Pengendalian Internal Yang Efektif Pada Kinerja Perusahaan. Jurnal Pusdansi, 1(3).

Putri, N. K., & Hasanah, U. (2014). Evaluasi Kinerja Perbankan Dengan Perspektif Balanced Scorecard: Studi Pada Perbankan Syariah Di Wilayah Purwokerto. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 37-51.

Radithya, E., & Tin, S. (2012). Evaluasi Penerapan Balance Scorecard terhadap Efisiensi Kinerja Karyawan di Divisi Penjualan PT. Auto 2000. Maksi, 6(2), 220190.

Rivai, Veithzal. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6. Depok : PT. Raja Grafindo Persada.

Saraswati, P. S., Darmawan, D. P., & Suamba, K. (2016). Analisis Kinerja Perusahaan CV. Bali Indah dengan Metode Balanced Scorecard. J. Manaj. AGRIBISNIS J. Agribus. Manag, 5.

Sinaga, Pariaman. (2004). Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Koperasi Dan UKM.

Soemohadiwidjojo, A. T. (2017). Six Sigma Metode Pengukuran Kinerja Perusahaan Berbasis Statistik. Jakarta : Raih Asa Sukses.

Soetjipto, Noer. (2017). Quality Work Of Life Teori dan Implementasinya. Yogyakarta : K-Media.

Styaningrum, F. (2015). Perumusan Strategi Perusahaan Berbasis Balanced Scorecard Pada Kusuma Sahid Prince Hotel Surakarta. ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 4(1), 59-67.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : CV. Alfabeta.

Ulfa, R., & Asyik, N. F. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 7(10).

Umar, Husein. (2012). Evaluasi kinerja perusahaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Saputra, M. F. A., Suriani, S., & Saleh, M. Y. . (2022). KINERJA PERUSAHAAN JASA PELAKSANA KONSTRUKSI: STUDI KASUS PADA PT DIAN PERDANA SOROWAKO. Indonesian Journal of Business and Management, 4(2), 172–181. https://doi.org/10.35965/jbm.v4i2.1383

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>