ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH SEMEN BOSOWA DI MAKASSAR DALAM ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19

Authors

  • Syamsul Rijal PT Semen Bosowa
  • Hasanuddin Remmang Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Miah Said Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3801

Keywords:

Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Loyalty, Promosi, Semen Bosowa

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand awarenes, brand association, perceived quality, brand loyalty dan promosi terhadap keputusan konsumen memilih semen Bosowa di Makassar dalam Era New Normal Pandemi Covid-19. Untuk mencapai tujuan tersebut maka digunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan sampel yakni konsumen/pelanggan toko-toko, Batching plant, developer, distributor Sulsel 1 dan 5. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand loyalty dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk memilih semen bosowa di Makassar dalam Era New Normal Pandemi Covid-19.

This study aims to determine and analyze the influence of Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand loyalty, and promotion on consumer decisions to choose Bosowa cement in Makassar during the New Normal Era of the Covid-19 Pandemic. To achieve this goal, data collection techniques are used by distributing questionnaires using samples, namely consumers/customers of shops, batching plants, developers, and distributors of South Sulawesi 1 and 5. Meanwhile, data analysis techniques use validity and reliability tests, classic assumption tests, and regression analysis. multiple linear and hypothesis testing. The results of the study found that Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand loyalty, and promotions had a positive and significant effect on consumer decisions to choose Bosowa cement in Makassar during the New Normal Era of the Covid-19 pandemic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A. (2020). Brand Portfolio Strategy: Creating Relevance, Differentiation, Energy, Leverage, and Clarity.

Amelfdi, F. J., & Ardyan, E. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 5(6), 473–483.

Chandra, C., & Keni. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Dan Brand Loyalty Terhadap Customer Purchase Decision. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 176–185.

Dwiyanti, E., Qomariah, N., & Tyas, W. M. (2018). Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. JSMBI (Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia), 8(2), 148–163.

Elvara, M., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Association, Word of Mouth Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Apple. e-Jurnal Riset Manajemen, 8(2), 95–106.

Faridi, A., Ismail, M., Handiman, U. T., Saputra, D. H., Hardin, Fitriyani, E., … Simanjuntak, M. (2022). Pengantar Komunikasi Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Mutivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing Management. Singapore: Pearson Education.

Kotler, Phillip, & Armstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phiplip, & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Indeks.

Limento, N. Y., & Cahyadi, L. (2020). Analisis Pengaruh Brand Loyalty, Brand Association, Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian. JCA Ekonomi, 1(2), 530–538.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Muhibi, F., & Fahmi, S. (2019). Pengaruh Brand Association terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Merek Aqua (Studi Pada Pelanggan PT. Livia Mandiri Sejati Kota Pasuruan). Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 2(1), 66–76.

Muhtar. (2020). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Semen Tonasa (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Semen Tonasa Di Kabupaten Pangkep). Jurnal Universitas Negeri Makassar, 1–13.

Musfar, T. F. (2021). Manajemen Produk dan Merek. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran (Pendekatan Praktis dengan Teori-Teori Para Ahli). Jakarta: Atalya Rileni Sudeco

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV. Sah Media.

Sandi, & Yoyo, T. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk SEIV (Studi Kasus PT. SEIV Indonesia). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 1–11.

Sari, C. A. S. (2017). Teknik Mengelola Produk dan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, L., & Kanuk, L. (2015). Consumer Behaviour Eighth Edition: International Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Setiawan, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian semen Mortar Holcim di PT Bumi Pembangunan Pertiwi Cabang Surabaya. Jurnal Ilmu Riset dan Manajemen, 8(8, e-ISSN: 2461-0593).

Sirait, S. K., & Sisnuhadi. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial, Celebrity Endorser, Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian. JRMB, 16(1), 45–56.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (cetakan ke). Yogyakarta: Alfabeta.

Sya’idah, E. H., Jauhari, T., Fauzia, I. N., & Safitri, M. N. (2020). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 5(3), 204–216.

Tonce, Y., & Rangga, Y. D. P. (2022). Minat Dan Keputusan Pembelian: Tinjauan Melalui Persepsi Harga & Kualitas Produk (Konsep dan Studi Kasus). Indramayu: Penerbit Adab.

Wardhana, A. (2022). Brand Image dan Brand Awareness. In Brand Marketing: The Art of Branding. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Wibowo, N. E. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Yellow Truck Cabang Sunda Bandung Tahun 2017). e-Proceeding of Applied Science, 3(2), 230–249.

Zaid. (2021). Ekuitas Merek dan Advokasi Pelanggan Melalui Strategi Gamifikasi dan Kualitas Pelayanan. Lamongan: Academia Publication.

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. Lombok: Forum Pemuda Aswaja.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Rijal, S., Remmang, H., & Said, M. (2023). ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH SEMEN BOSOWA DI MAKASSAR DALAM ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19. Indonesian Journal of Business and Management, 6(1), 132–140. https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3801

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>