ANALISIS PENILAIAN KINERJA KARYAWAN BOSOWA EDUCATION

Authors

  • Wirawan Hasfi Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Chahyono Chahyono Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Lukman Setiawan Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v7i2.5294

Keywords:

Penilaian Kinerja , Key Performance Indikator, Bosowa Education

Abstract

Pada era ini, setiap organisasi dituntut untuk berkembang sesuai dengan arus globalisasi, termasuk perusahaan sebagai sebuah organisasi yang menyatukan masyarakat sosial yang saling berkoordinasi didalamnya, khususnya dalam fase pekerjaan yang menuntut banyak waktu dan pikiran yang dituangkan ketika menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dalam menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan perusahaan ini, terkadang mereka tidak sadar akan pentingnya keseimbangan kehidupan pribadi bahkan fakta terburuk terjadi Burnout, merasa mudah stress dan tidak produktif lagi. Maka berangkat dari fenomena tersebut, dianggap perlu adanya analisa mendalam tentang penilaian kinerja karyawan Bosowa Education Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif berupa wawancara dan observasi, teknik analisis data melalui data primer dan sekunder. Hasil penelitian menghasilkan bahwa sistem penilaian kinerja pada karyawan Bosowa Education melalui metode KPI (Key Performance Indicator) menjadi tolak ukur utama dalam penelitian ini dan dianggap memacu karyawan dapat produktif serta menganalisa kinerja yang dicapai selama sebulan penuh. Melalui perspektif kematangan karir lebih lanjut dihasilkan bahwa karyawan Bosowa Education terkadang mengalami penumpukan Job Description dimana beban kerja dua (2) orang dikerjakan oleh satu (1) orang hingga pada tahap Work Life Balance bahwa Karyawan Bosowa Education tidak diindikasikan adanya Burnout namun perlu adanya kecerdasan pembagian waktu yang lebih maksimal dari diri setiap karyawan.

In this era, every organization is required to develop in accordance with the flow of globalization, including the company as an organization that unites social communities that coordinate with each other, especially in the work phase that requires a lot of time and thought poured when completing the work. In completing the work charged by this company, sometimes they are not aware of the importance of personal life balance and even the worst fact is burnout, feeling easily stressed and unproductive anymore. Therefore, departing from this phenomenon, it is considered necessary to have an in-depth analysis of the performance assessment of Bosowa Education employees The research methods used are qualitative methods in the form of interviews and observations, data analysis techniques through primary and secondary data. The results of the study resulted in the performance assessment system for Bosowa Education employees through the KPI (Key Performance Indicator) method became the main benchmark in this study and was considered to spur employees to be productive and analyze the performance achieved for a whole month. Through the perspective of career maturity, it is further produced that Bosowa Education employees sometimes experience a buildup of Job Descriptions, where the workload of two (2) people is done by one (1) person, until at the Work Life Balance stage, Bosowa Education employees are not indicated to have burnout, but there needs to be a more optimal time-sharing intelligence from each employee.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handayani, C. N., & Zona, M. A. (2021). Burnout, Emotional Intelligence, and Work - Life Balance in Textile Company Employees in West Sumatra. Journal of Economic and Bussiness 02, 2(02), 94.

Hayati, S., & Alim, S. (2021). Pengaruh Emotional Labor dan Psychological Well-Being pada Perawat Rumah Sakit Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 1(2), 60-67.

Husin, I. (2022). Teori Organisasi. Jurnal GERBANG STMIK Bani Saleh, 12(2), 56-66.

Hasibuan, S. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revi). Bumi Aksara.

Keban, J. (1995). Indikator Kinerja Pemerintah Daerah. UGM.

Notoatmodjo, S. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.

Mangkunegara, A. A. (2011). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A. P. (2010). Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama.

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perushaan. Remaja Rosdakarya.

Robbins, SP., & Judge, T. (2009). Organizational behavior (Nelani Pfaff (ed.); 2nd ed.). Pearson Eduzation. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=9-jcsiS8RSoC&oi=fnd&pg=PA1&dq=Robbins,+SP.,+%26+Judge,+TA.+2008&ots=0ptTJIFBwk&sig=WC0OckaCusx-PI81l8wrPWODYgs&redir_esc=y#v=onepage&q=Robbins%2C

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Refika Aditama.

Sedarmayanti, H. (2016). Manajemen sumber daya manusia, reformasi birokrasi dan manajemen pegawai negeri sipil (D. Summaya (ed.)). Refika Aditama.

Sulistiyani, A. T., & Rosidah. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia (1st ed.). graha ilmu.

Yusuf, H. (2011). Pengaruh Kondisi Organisasi Terhadap Kejenuhan Kerja Pekerja Sosial Yang Bekerja Di Panti Sosial Penyandang Cacat Di Indonesia ( Served in Centre of Service for Disabled Peoples in Indonesia). Informasi, 16(03), 177–187.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Hasfi, W., Chahyono, C., & Setiawan, L. . (2025). ANALISIS PENILAIAN KINERJA KARYAWAN BOSOWA EDUCATION. Indonesian Journal of Business and Management, 7(2), 244–251. https://doi.org/10.35965/jbm.v7i2.5294

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>