IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MAJENE

Authors

  • Abrar Abrar Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Juharni Juharni Program Studi Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Nurmi Nonci Program Studi Sosiologi Universitas Bosowa

Keywords:

Implementasi, Pelayanan Publik, Sumber Daya Manusia, Majene

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis disposisi dalam pelayanan publik oleh  di Sekretariat Daerah Kabupaten Majene, mengetahui dan menganalisis sosialisasi dalam pelayanan publik oleh  di Sekretariat Daerah Kabupaten Majene serta Untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan sumber daya dalam pelayanan publik oleh  di Sekretariat Daerah Kabupaten Majene. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Data diperoleh dari sejumlah informan yang terdiri atas: kepala Sekertariat Kabupaten Majene, Kepala Bagian pelayanan, Pegawai dan Masyarakat Kabupaten Majene.Hasil dari penelitian ini yakni: 1. Disposisi dimana pelaksana kebijakan maupun masyarakat sangat mendukung dengan adanya pelaksanaan kebijakan pelayanan publik yang memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi; Sumber daya dalam pelaksanaan pelayanan publik pada Sekertariat Daerah Kabupaten Majene telah optimal dan cukup memadai. Dimana sumber daya manusia yang cukup, penyampaian informasi yang memadai, pembagian peran yang sesuai dengan tanggung jawab pegawai dan fasilitas yang mendukung. Sedangkan Sosialisasi dalam pelaksanaan pelayanan publik dengan penyampaian informasi dengan baik kepada masyarakat diperlukan adanya media yang tepat, baik berupa media cetak maupun media eletronik baik berupa koran, internet, brosur, leaflet dan sebagainya yang mana didalam mengkomunikasikan lewat berbagai media tersebut dapat memberi informasi pada masyarakat.

The purpose of the research is to find out and analyze the disposition in public services by the Majene Regency Regional Secretariat; To find out and analyze socialization in public services by the Regional Secretariat of the Regency of Majene and to find out and analyze the use of resources in public services by the Regional Secretariat of the Regency of Majene. In this study a qualitative approach was used with descriptive method. Data were obtained from a number of informants consisting of: the head of the Majene Regency Secretariat, the Head of Services, the Employees and the Community of Majene Regency.The results of this study are: 1. Disposition where policy implementers and the community strongly support the implementation of public service policies that facilitate the public in accessing information; Resources in the implementation of public services in the Regional Secretariat of Majene Regency have been optimal and sufficient. Where sufficient human resources, adequate delivery of information, division of roles in accordance with the responsibilities of employees and supporting facilities. Whereas socialization in the implementation of public services by delivering good information to the public is necessary for the existence of appropriate media, both in the form of printed media and electronic media in the form of newspapers, internet, brochures, leaflets and so on which in communicating through various media can inform the public.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-05

How to Cite

Abrar, A., Juharni, J., & Nonci, N. (2020). IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MAJENE. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 2(1), 39–42. Retrieved from https://journal.unibos.ac.id/paradigma/article/view/113

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>