TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PRAKTIK PERIKLANAN UNDISCLOSED ADVERTISEMENT
DOI:
https://doi.org/10.56326/clavia.v22i3.5446Keywords:
Undisclosed Advertisement, Media Sosial, Perlindungan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pemenuhan unsur pelanggaran peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dalam praktik undisclosed advertisement, dan penegakan hukum terhadap praktik undisclosed advertisement. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian normatif, lokasi penelitian yang penulis teliti adalah di Dewan Periklanan Indonesia, dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Selatan. Teknik penelitian yang digunakan oleh penulis adalah melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: praktik periklanan undisclosed advertisement termasuk bentuk periklanan yang tidak jujur yang bertentangan dengan Etika Pariwara Indonesia, Pasal 17 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, Guides Concerning the Use of Endorsements and Testimonials in Advertising, dan Pasal 19 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020, penegakan hukum terhadap pelaku tindakan undisclosed advertisement dapat dilakukan melalui Dewan Periklanan Indonesia. Penegakan hukum dilakukan melalui pemberian teguran dan peringatan, serta himbauan penghentian penayangan iklan
This research aims to analyze: 1) fulfillment of the elements of violation of laws and regulations applicable in Indonesia in the practice of undisclosed advertisement, and 2) law enforcement against undisclosed advertisement practices. The type of research used by the author is normative-empirical research, the research location is at the Indonesian Advertising Council, and the South Sulawesi Regional Indonesian Broadcasting Commission. The research technique used by the author is through interviews, observation, and literature study. The results showed that: 1) the practice of undisclosed advertisement is a form of dishonest advertising that is contrary to the Indonesian Pariwara Ethics, Article 17 of Law Number 8 of 1999, Guides Concerning the Use of Endorsements and Testimonials in Advertising, and Article 19 of the Regulation of the Minister of Trade Number 50 of 2020, 2) law enforcement against the perpetrators of undisclosed advertisement can be done through the Indonesian Advertising Council. Law enforcement is carried out through giving warnings, as well as appeals to stop airing advertisements
References
Chrisdanty, F. 2020. Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Pengadilan dan Non Litigasi Oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Jurnal Magister Hukum PERSPEKTIF, Volume 11, Nomor 2 Tahun 2020, Hlm. 49.
Handono, A. 2011. Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Informasi Iklan Barang Dan Jasa Yang Menyesatkan. Tesis Program Magister Ilmu Hukum. Jember. Universitas Jember. Hlm. 27Sondakh, Abigael Zonia. 2017. Aspek Hukum Pelaku Usaha Periklanan dan Produk Iklan Yang Melanggar Periklanan Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Lex Privatum Vol. V/No. 3/Mei/2017. Hlm. 6
Haris Hamid, A., dkk. 2021. Analisis Hukum Terhadap Penyampaian Informasi yang Menyesatkan yang Mengakibatkan Kerugian Konsumen Dalam Transaksi Elektronik (Studi Kasus Putusan No. 650/Pid. Sus/PN Mks). Clavia: Journal Of Law (Vol. 19 No. 2 July 2021). Hlm. 161
Haris Hamid, A., dkk. 2018. Peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Dalam Memberikan Perlindungan Hukum di Kota Makassar. Indonesian Journal of Legality of Law. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2018. Hlm. 20.
Nugroho, Susanti Agung. 2008. Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen Ditinjau dari Hukum Acara Serta Kendala Implementasinya. Jakarta. Kencana.
Permana Agung, A, dkk. 2022. Akibat Hukum Bagi Selebgram Yang Melakukan Periklanan Menyimpang Dari Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan. Jurnal Konstruksi Hukum. Denpasar. Universitas Warmadewa. Hlm. 359
Sumbara, Ade Putra F., dkk. 2021. Analisis Yuridis Terhadap Kesepakatan dalam Transaksi Elektronik. Clavia: Journal Of Law (Vol. 19 No. 2 July 2021). Hlm. 112
T,H., Simatupang. 2018. Aspek Hukum Periklanan. Bandung. Citra Aditya Bakti.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Yonatan. 2011. Kajian Pemilihan Surat Kabar Sebagai Media Periklanan Dengan Analisis CCREAM. Skripsi Program Sarjana. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Hlm. 9
Zulkarnaen, 2008. Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Barang-Barang Elektronik. Semarang. Tesis Program Magister Ilmu Hukum. Semarang. Universitas Diponegoro. Hlm. 51
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bryan Leemann, Andi Tira, Almusawir Almusawir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.