IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN KOMITMEN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL ANDROID DI KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v4i2.1500Keywords:
Bauran Pemasaran, Kualitas Layanan, Komitmen, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi bauran pemasaran dan kualitas komitmen konsumen terhadap keputusan pembelian handphone android. Metode penelitian ini yaitu deskriftif. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dengan wawancara beberapa koresponden. Hasil penelitian ini ditemukan permasalahan sehubungan dengan keputusan konsumen untuk melakukan pembelian handphone. Fluktuasi omzet terhadap beberapa counter handphone di Kota Makassar ditemukan beberapa strategi untuk menarikan konsumen baik sebagai pelanggan lama maupun pelanggan baru dengan melakukan bauran pemasaran terhadap unsur kualitas, harga dan pelayanan. Dengan adanya strategi tersebut, maka tingkat capain volume penjualan meningkat walaupun persentase kenaikan mengalami naik turun. Komitmen konsumen untuk memutuskan membeli handphone tipe android terdapat beberapa perilaku yang ditentukan oleh kriteria sehingga pihak penjual di beberapa lokasi dalam wilayah Kota Makassar mempunyai strategi pemasaran/menjual barang yang berbeda namun tetap menerapkan bauran pemasaran. Di antara unsur bauran dalam memasarkan handphone yang memberikan kontribusi meingkatkan omzet adalah unsur kualitas produk dan pelayanan konsumen lalu penetapan harga.
This study aims to analyze the implementation of the marketing mix and the quality of consumer commitment to the purchase decision of an android phone. This research method is descriptive. The data of this study were obtained from a questionnaire (primary) by interviewing several correspondents. The results of this study found problems related to consumer decisions to buy cellphones. Turnover fluctuations on several cellphone counters in Makassar City found several strategies to attract consumers both as old customers and new customers by doing a marketing mix on the elements of quality, price and service. With this strategy, the level of achievement of sales volume increases even though the percentage increase has fluctuated. The consumer's commitment to decide to buy an android type cellphone has several behaviors that are determined by the criteria so that the seller in several locations within the Makassar City area has a different marketing/selling strategy, but still applies the marketing mix. Among the bounty elements in marketing cellphones that contribute to increasing turnover are the elements of product quality and customer service and pricing.
Downloads
References
Aryati, Fiera. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Ina Cookies Bandung. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, No. 1, Hal: 1-16.
Assauri (2011:98). Unsur-unsur marketing Mix Dan Aplikasinya. Jurnal Ekonomi Business, No 117,
Machfoedz, 2013. Bauran pemasaran pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil daihatsu pada PT. Astra internasional manado. Jurnal Ekonomi Bisnis. Vol. 1 No. 4. Hal. 1134-1144
Sari, D. A. P. 2018. Pengaruh bauran pemasaran dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi variabel kepuasan (studi pada pelanggan indihome pt. Telekomunikasi indonesia regional bogor). Tesis Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Malang.
Indrawijaya, S. 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Roti Manis pada Industri Kecil di Kabupaten Sarolanguin. Jurnal Mankeu, Vol.1, No.3, Hal: 1-16.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Kurniawan, Danny. 2017. Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sari Roti di Kota Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro.
Putra, M. D. S. D dan Ekawati, N. W. 2017. Pengaruh inovasi produk, harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sepeda motor vespa. Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6, No. 3. Hal. 1674-1700
Setiawan, P. Y. B., Fudholi, A., & Satibi, S. (2016). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan dan Loyalitas pelanggan produk. JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice), 6(2), 115-124.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. 2016. Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Auditya Amelia Irwan, Herminawati Abubakar, Seri Suriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.